Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Siapkan SNI Award 2024, BSN Gelar Rapat Dewan Juri

  • Senin, 05 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 1866 kali

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten serta berkelanjutan, Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan ajang penghargaan bergengsi, SNI Award 2024. Penghargaan tahunan yang telah berjalan sejak tahun 2005 ini menilai kinerja organisasi melalui evaluasi dokumen (Desk Evaluation) dan lapangan (Site Evaluation). Dengan Tim Evaluator dan Dewan Juri profesional serta kompeten di bidangnya masing-masing, diharapkan hasil penilaian nantinya bisa menjadi umpan balik bagi para organisasi peserta dalam meningkatkan kinerja.

"SNI Award sudah melalui proses perjalanan cukup panjang yang berangkat dari peranan standardisasi sesuai Amanat Undang-Undang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian No. 20 Tahun 2014, untuk memberikan perlindungan dari aspek keamanan, kesehatan, keselamatan, serta kelestarian lingkungan hidup, sekaligus berkontribusi bagi peningkatan daya saing nasional,” ungkap Kepala BSN, Kukuh S. Achmad dalam sambutannya pada kegiatan Rapat Dewan Juri SNI Award 2024, Jum’at (2/2/2024) di Kantor BSN Jakarta.

SNI Award sasarannya bukan sekedar penghargaan namun juga mewujudkan kinerja unggul dan berkelanjutan, sekaligus sebagai salah satu tool untuk mengukur organisasi seberapa besar dan siap untuk mengatasi tantangan yang mengemuka. Oleh karena itu, diperlukan penyusunan SNI lebih banyak untuk memberikan perlindungan kepada pemangku kepentingan yang lebih banyak pula.

“SNI adalah hasil konsensus, setelah SNI ditetapkan, BSN turut mendorong penerapannya untuk berkontribusi dalam perlindungan juga peningkatan daya saing nasional,” lanjut Kukuh.

Berbicara mengenai kontribusi Infrastruktur Mutu bagi perlindungan serta peningkatan daya saing nasional, United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) melaksanakan survei status pengelolaan Infrastruktur Mutu terhadap 137 Negara Anggota PBB pada tahun 2022.

“BSN menempati rangking 34 dunia untuk status pengelolaan Infrastruktur Mutu dari 137 Negara Anggota PBB, dan No. 2 di ASEAN pada tahun 2022. Ini semua adalah hasil kerja keras semua pihak, termasuk Dewan Juri SNI Award,” pungkas Kukuh.

Acara yang turut dihadiri oleh Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah; Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Nur Hidayati ini, menghasilkan keputusan mengenai SNI Award 2024, sebagai berikut:

  1. Syarat dan aturan;
  2. Kategori peserta;
  3. Kriteria penilaian;
  4. Sistem penilaian;
  5. Tahap pelaksanaan.

Dewan Juri SNI Award yang terdiri dari berbagai tokoh penting baik dari unsur pemerintah, pelaku usaha, perguruan tinggi maupun lembaga pemerintah yang membidangi konsumen, sangat berperan dalam membawa SNI Award kedepan menjadi lebih kredibel, profesional dan dapat diikuti serta dipahami oleh organisasi atau perusahaan Penerap SNI di Indonesia. (PjA – Humas)

Galeri Foto: Siapkan SNI Award 2024, BSN Gelar Rapat Dewan Juri