Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Perundingan Putaran Ke-3 Indonesia – EAEU FTA  Bidang SPK Hasilkan Progres Signifikan

  • Jumat, 15 Desember 2023
  • Humas BSN
  • 2881 kali

Indonesia menjadi tuan rumah perundingan putaran ke-3 Indonesia – Eurasian Economic Union Free Trade Agreement (I-EAEU FTA) yang dilaksanakan di Bali pada 14-15 Desember 2023. Chapter Standard, Technical Regulations and Conformity Assessment Procedures (STRACAP) menjadi bagian dalam proses perundingan tersebut.

Negosiasi Chapter ini dipimpin oleh Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standardisasi Nasional (BSN), Konny Sagala, didampingi oleh perwakilan  dari BSN, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri. Pihak Eurasian Economic Committee (EEC) dipimpin oleh Counselor of Division for Special Issues in Trade Regulation, Trade Policy Department Alina Treshcheva.

Kedua belah pihak secara aktif melakukan diskusi dan pembahasan untuk mencapai kesepakatan pada pasal-pasal Chapter STRACAP. Perundingan yang berlangsung secara tatap muka ini menghasilkan kemajuan yang sangat signifikan.

Sampai dengan pertemuan putaran ketiga ini, 80% dari keseluruhan isi Chapter STRACAP telah mencapai kesepakatan. Beberapa isu yang masih tertunda dan menunggu klarifikasi EAEU pada perundingan selanjutnya, salah satunya terkait usulan Indonesia pada Article Conformity Assessment. Indonesia juga akan memberikan tanggapan atas Article terkait Arrangements for Trade Facilitation yang diusulkan oleh EAEU. Kedua belah pihak sepakat akan melanjutkan perundingan pada intersessional meeting di bulan Februari 2024, sebelum dilaksanakannya pertemuan I-EAEU FTA putaran ke-4 pada April 2024.

Pemerintah Indonesia dan EAEU optimistis untuk dapat menyelesaikan perundingan pada tahun 2024 mendatang. Sebagai informasi, EAEU merupakan uni kerjasama ekonomi yang terdiri atas lima negara yaitu Rusia, Kazakhstan, Belarus, Armenia, dan Kirgizstan.(pwi-spspk)

 

Galeri Foto: Perundingan Putaran Ke-3 Indonesia – EAEU FTA  Bidang SPK Hasilkan Progres Signifikan