Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Bekerjasama dengan JISC dan IEC selenggarakan JISC/IEC/APCF Seminar on International Standards for Next Generation VehiclesTo Achieve Carbon Neutrality

  • Jumat, 08 Desember 2023
  • Humas BSN
  • 1204 kali

Meningkatnya penggunaan kendaraan generasi berikutnya akan mengurangi ketergantungan minyak dan dampak lingkungan dari transportasi dan logistik. Standar IEC sangat penting dalam membantu pemangku kepentingan menyediakan kendaraan generasi berikutnya dan infrastrukturnya secara keseluruhan.

Untuk itu, Badan Standardisasi Nasional (BSN) berkolaborasi dengan Japanese Industrial Standards Committee (JISC) serta International Electrotechnical Commission (IEC) menyelenggarakan Seminar International mengenai pengembangan standar internasional di bidang kendaraan listrik (baterai EV dan sistem pengisian daya) serta sistem tenaga sel bahan bakar untuk truk industri bertenaga listrik di Kawasan ASEAN yang bertempat di Hotel Mercure Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan pada Rabu (6/12/23) secara hybrid.

Seperti diketahui BSN dan JISC Jepang telah bekerjasama untuk memperkuat kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian kedua belah pihak sejak tahun 2014, pada saat pelaksanaan “Seminar Pengembangan Sumber Daya Manusia JISC/IEC/APSG”. Sejak itu, IEC dan JISC memilih tema yang aktual setiap tahun dan khusus tahun ini mengambil tema “Standar Internasional untuk Kendaraan Generasi Berikutnya – untuk mencapai netralitas karbon”.

Dalam sambutan tertulis Kepala BSN yang dibacakan Deputi Bidang Pengembangan Standar Hendro Kusumo disampaikan bahwa, JISC bekerja sama dengan NSB untuk mempromosikan penggunaan standar IEC dan penilaian kesesuaian serta mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan standardisasi IEC di kawasan Asia Pasifik di bidang kendaraan listrik (baterai EV dan sistem pengisian daya) serta sistem tenaga sel bahan bakar, khususnya bagi negara-negara berkembang.

Hendro melanjutkan bahwa BSN sangat mendukung program dan kebijakan pemerintah dalam mendukung ketahanan energi dan tercapainya energi yang bersih dan ramah lingkungan melalui pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI) kendaraan listrik. Kendaraan listrik dinilai dapat menjadi solusi alternatif untuk mengurangi polusi dan emisi gas buang akibat penggunaan bahan bakar minyak pada kendaraan bermotor.

Seminar berlangsung dengan penyampaian beberapa presentasi yaitu Activities for electrical vehicle standards development at IEC/TC21 and IEC/TC 69 oleh Japan Automobile Research Institute (JARI) dengan pembicara Hiroshi Nakayama; Activity for standardization on fuel cell technologies at IEC TC 105 oleh The Japan Electrical Manufactures’ Association (JEMA) dengan pembicara Kazuo Shibata; Overview of IEC standardization activities on Fuel cell power systems for propulsion and auxiliary power units oleh Toyota Industries Corporation (TICO), pembicara Akio Matsuura; dan Next generation vehicle – Support from IEC CA Systems IECEE schemes ensure safety, reliability and efficiency for EV charging, IECEx and IECEQ activities supporting next generation vehicles oleh TUV Rheinald, Zheng Hao dan Chris Agius. Selain itu para peserta dari ASEAN juga berbagi pengelaman tentang situasi kendaraan listrik dan generasi berikutnya dari negara mereka.

Seminar dihadiri kurang lebih 50 orang peserta yang terdiri dari peserta ASEAN (Indonesia, Singapura, Philipina, Vietnam, dan Malaysia), Sekretariat Komnas IEC, Asosiasi Kendaraan dan Baterai Listrik, dan anggota Komite Teknis lingkup Ketenagalistrikan. Sasaran peserta adalah Sekretariat National Committee (NC) yang bertanggung jawab atas kegiatan IEC yang disebutkan dalam program seminar, dan/atau regulator terkait dan pakar industri yang mempunyai kepentingan dalam kegiatan IEC tersebut. Para peserta dibagi kedalam 3 (tiga) grup diskusi untuk membahas semua isu aktual terkait kebijakan dan ekosistem kendaraan listrik di negara mereka masing-masing.

Tujuan dari seminar ini adalah untuk mempromosikan penggunaan standar IEC khususnya infrastruktur kendaraan listrik dan penilaian kesesuaian serta mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan standardisasi IEC di kawasan Asia Pasifik. (PSMEETTI)

Galeri Foto: BSN Bekerjasama dengan JISC dan IEC selenggarakan JISC/IEC/APCF Seminar on International Standards for Next Generation VehiclesTo Achieve Carbon Neutrality