Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Gelar Pelatihan SPK untuk IQTL

  • Selasa, 05 Desember 2023
  • Humas BSN
  • 988 kali

Sebagai salah satu bentuk implementasi dari kerja sama yang telah dijalin dengan Instituto Para de Qualidade de Timor-Leste, Instituto Publico (IQTL, IP), Badan Standardisasi Nasional (BSN) menggelar kegiatan peningkatan kompetensi tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) untuk para staff teknik di bidang standardisasi, metrologi dan kualifikasi dari IQTL untuk mendapatkan bimbingan, pelatihan serta peningkatan kapasitas yang mendalam mengenai SPK yang dilaksanakan selama lima hari pada 4-8 Desember 2023.

Dalam pembukaan rangkaian kegiatan pengembangan kompetensi ini pada Senin (4/12/2023) di Gedung 1 BSN, Tangerang Selatan, Kepala Pusat Pengembangan SDM SPK BSN, Arini Widyastuti mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi IQTL dalam mengembangkan infrastruktur mutu di Timor Leste. "Mudah-mudahan bisa memfasilitasi perdagangan di Timor-Leste sehingga bisa memiliki infrastruktur mutu yang sesuai dengan praktek dan kebutuhannya, serta diakui secara internasional," ungkap Arini.

IQTL merupakan lembaga pemerintah otonom yang memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap mutu, standar dan metrologi di Timor Leste. Sebagai institusi regulasi dalam urusan kualitas yang mencangkup elemen-elemen penting seperti regulasi terhadap metrologi, standardisasi dan akreditasi, IQTL, IP memiliki peran yang sangat vital dalam hal membangun dan mengembangkan standar yang akan digunakan sebagai standar nasional yang nantinya akan digunakan untuk mengatur dan meregulasi semua pelaku ekonomi yang melakukan aktivitas jual beli, ekspor dan impor di Timor Leste.

Dalam kegiatan kali ini disampaikan berbagai topik, seperti pengelolaan dan pengembangan standardisasi, skema penilaian kesesuaian, metrologi, hingga akreditasi di Indonesia. Selain itu para peserta juga akan diajak untuk mengunjungi laboratorium pengujian di Balai Besar Industri Agro (BBIA), PT Saraswanti Indo Genetech, Badan Standardisasi Instumen Pertanian (BSIP) serta laboratorium standar nasional satuan ukuran di BSN.(tyo-humas)

 

Galeri Foto: BSN Gelar Pelatihan SPK untuk IQTL