Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peran Generasi Muda dalam Penerapan SPK

  • Kamis, 30 November 2023
  • Humas BSN
  • 699 kali

Indonesia saat ini memiliki bonus demografi dimana penduduk Indonesia didominasi oleh usia muda. Penting bagi generasi muda untuk turut berperan dan mengambil bagian, khususnya di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK), karena generasi muda inilah yang akan menerima tongkat estafet dalam meneruskan pengelolaan dan pengembangan SPK di Indonesia.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk pengelolaan SPK di Indonesia, salah satu tugasnya adalah mengembangkan kompetensi SDM di bidang SPK. BSN terus berupaya untuk memberikan pengetahuan tentang SPK dan meningkatkan kesadaran generasi muda di Indonesia akan pentingnya standar. Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Pengembangan SDM SPK BSN, Arini Widyastuti dalam Webinar "Ngobrol Bareng BSN" dengan tema "Peran Generasi Muda dalam Penerapan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian" pada Kamis (29/11/2023) yang di gelar secara daring sebagai bagian dari acara ASN Culture Festival 2023.

Sesuai dengan tema ASN Culture Festival 2023 "Embrace change, Stay Adaptive", generasi muda merupakan generasi yang memiliki keingintahuan dan kreativitas yang tinggi yang bisa membawa perubahan dan inovasi yang berdampak bagi kemajuan Indonesia. Menurut Arini, sangat penting bagi generasi muda ini untuk mengenal SPK dan mengetahui apa itu standar, Standar Nasional Indonesia (SNI), bagaimana merumuskan standar tersebut, termasuk menjadi bagian dalam menentukan ke depannya standar itu harus seperti apa.

Tidak hanya berhenti disitu. Dalam bidang SPK tersebut, diharapkan tidak hanya mengenal apa itu SNI, tetapi juga memiliki kesadaran dalam memilih suatu produk dengan memastikan bahwa produk tersebut sudah sesuai standar atau memiliki SNI.

Dalam acara yang dibuka oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Hukum BSN, Singgih Harjanto ini, juga hadir siswi-siswi dari MAN Insan Cendekia Gorontalo yang membagikan pengalaman dan pemahaman mereka tentang SPK. Siswi-siswi ini merupakan salah satu tim yang mewakili Indonesia dan berhasil meraih bronze prize dalam ajang Olimpiade Standar Internasional 2023 di Korea Selatan.

Mereka mengatakan, setelah mempelajari tentang SPK, mereka baru menyadari bahwa sebenarnya selama ini penerapan standar ada di sekitar kita di kehidupan sehari-hari. Menurut mereka, untuk dapat menilai kualitas suatu produk perlu pemahaman yang mendalam dan berpikir kritis dalam menilai dan menentukan apakah kualitas suatu produk telah sesuai dengan standar.

Dalam webinar yang dipandu oleh Analis SDM Aparatur BSN, Muhammad Syukri Ni’matulloh ini juga terjadi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung secara interaktif. ASN Culture Festival 2023 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi merupakan pameran virtual untuk meningkatkan awareness terhadap core values ASN BerAKHLAK yang dapat diakses melalui laman asnculturefest.com. Pengunjung dapat mengunjungi booth BSN di Hall B. ASN Culture Festival 2023 ini digelar pada 21 November 2023 hingga 21 November 2024.(tyo-humas)