Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Terima Kunjungan Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA UNPAD

  • Rabu, 29 November 2023
  • Humas BSN
  • 699 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Kedeputian Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) menerima kunjungan dari Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA Universitas Padjajaran (UNPAD) pada Selasa (28/11/2023) di Gedung SNSU BSN, Tangerang Selatan. Kegiatan kunjungan dilaksanakan untuk mengenal lebih dekat dan melihat secara langsung pengelolaan SNSU yang dilakukan oleh laboratorium SNSU.

Kepala Laboratorium SNSU Kelistrikan dan Waktu BSN, Agah Faisal dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa SNSU BSN merupakan National Metrology Institute (NMI) untuk Indonesia. Sebagai NMI, SNSU BSN memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memastikan ketertelusuran pengukuran nasional. Pengukuran ini, harus tertelusur ke sistem satuan internasional. Ketertelusuran ke sistem satuan internasional tersebut, dilakukan melalui pengelolaan SNSU, pengembangan bahan acuan dan kalibrasi.

Dalam kunjungan ini, lanjut Faisal, para mahasiswa dapat mempelajari langsung bagaimana laboratorium mengelola SNSU dan juga melakukan layanan kalibrasi.

“Kita sekarang memiliki kurikulum merdeka, sehingga mahasiswa dapat memilih dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan arah pengembangan kompetensi yang diharapkan. Dan kami mengapresiasi positif kedatangan adik-adik mahasiswa ke laboratorium SNSU. Karena program ini, selain membangun relasi dengan dunia kerja dan mengetahui apa aktivitas di dunia kerja, juga diharapkan nantinya mahasiswa memiliki kesiapan memasuki dunia kerja dan lebih berdaya saing,” ujar Agah.

Kepala Laboratorium SNSU Akustik dan Vibrasi BSN, Maharani Ratna Palupi dalam paparannya menjelaskan bahwa SNSU BSN memiliki 10 laboratorium SNSU yaitu Lab SNSU Akustik dan Vibrasi; Lab SNSU Panjang; Lab SNSU Massa; Lab SNSU Biologi; Lab SNSU Radiasi; Lab SNSU Kelistrikan; Lab SNSU Kelistrikan; Lab SNSU Waktu dan Frekuensi; Lab SNSU Fotometri dan Radiometri; Lab SNSU Suhu; serta Lab SNSU Kimia.

Hingga saat ini, tambah Maharani, SNSU BSN memiliki 147 kemampuan kalibrasi dan pengukuran (CMCs) yang diakui internasional dan tercantum dalam Appendix C The CIPM Mutual Recognition Arrangement (CIPM-MRA).

Selain mengenai SNSU, dalam kesempatan ini, para mahasiswa juga mendapat penjelasan materi tentang pengembangan kompetensi SDM standardisasi dan penilaian kesesuaian oleh Analis SDM Aparatur Ahli Muda BSN, Heri Kurniawan. Para mahasiswa pun berdiskusi dan mengunjungi langsung Laboratorium SNSU.

Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA Universitas Padjajaran (UNPAD) I Made Adhi Aryadi yang ditemui di sela-sela acara mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mempelajari langsung penerapan teori-teori fisika khususnya ilmu pengukuran dan instrumentasi. Ia pun berharap ke depan FMIPA UNPAD dapat bekerja sama lagi dalam program-program lainnya dengan SNSU BSN.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Laboratorium SNSU Panjang BSN, Nurlathifah, Metrolog SNSU BSN, serta para staf SNSU BSN.(ria-humas)

 

Galeri Foto: SNSU BSN Terima Kunjungan Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA UNPAD