Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Tingkatkan Kompetensi Komunikasi Personel Pengembangan SDM SPK

  • Selasa, 21 November 2023
  • Humas BSN
  • 1908 kali

Pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Standardisasi dan penilaian Kesesuaian (SPK) menjadi salah satu tugas Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan SPK di Indonesia. Salah satu layanan publik yang diselenggarakan BSN yaitu pelatihan standardisasi.

Untuk menjaga kualitas pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, kompetensi personel pelatihan menjadi salah satu hal yang senantiasa dikembangkan dan di tingkatkan. Dalam kegiatan Training of Trainer yang Terlibat dalam Pengembangan SDM SPK, pada Senin (20/11/2023) di Jakarta, Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo mengatakan, jika berbicara tentang kompetensi SDM SPK, yang menjadi sasaran utama adalah bagaimana memastikan seluruh aspek mutu, mulai dari penerapan standar, pengujian, hingga kalibrasi dapat berjalan secara konsisten.

Donny mengungkapkan, jika berbicara tentang kompetensi SDM SPK, harusnya kita bisa membangun materi-materi yang substantif, sesuai dengan konteksnya, dan juga tidak terjebak dalam dokumentasi. Itu semua tidak bisa berjalan dengan baik apabila kita tidak mampu menyampaikannya dengan baik. “Kombinasi antara substantif dan cara penyampaian menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kita semua,” ungkap Donny.

Lebih lanjut Donny menjelaskan, selain teknik penyampaian, bagi instruktur atau trainer persyaratan utama yang harus dimiliki adalah pengalaman teknis untuk menerapkannnya, baik menerapkan secara langsung maupun memiliki pengalaman membimbing penerapan standar di level dasar. “Sehingga trainer memahami benar bagaimana sulitnya menerapkan standar, bagaimana prosesnya, dan dengan membina juga akan membawa kompetensi dalam penerapan standar,” jelas Donny.

Dalam Kegiatan Training of Trainer ini menghadirkan Coach, Dewi Odjar Ratna Komala yang juga merupakan Purnabakti BSN yang menyampaikan tentang  bagaimana  cara berkomunikasi yang mengesankan dengan “Three Golden Rules Impressive Communication”.

Yang pertama, ada tiga tahapan yang harus dilakukan dan diperhatikan, yaitu “3P”, Prepare, Practice, dan Perform. Yang kedua, dalam masing-masing tahapan tersebut, perlu melatih juga “The 3 V Power”, yaitu Verbal, Vocal, dan Visual. Ketiga, Siap untuk tampil dengan memberikan yang terbaik dengan “4-E”: Earn the Right; Enjoy the Show; Energy & Enthusiasm; Explain easily.

Training of Trainer ini diikuti oleh para instruktur atau pengajar dalam kegiatan pelatihan yang dikelola Pusat Pengembangan SDM SPK BSN, yang terdiri dari internal BSN dan juga berbagai instansi lain. Diharapkan, pengembangan kompetensi SDM SPK yang dikoordinasikan BSN benar-benar bisa mendukung pencapaian dan tujuan kinerja BSN, yaitu mewujudkan perlindungan masyarakat dan meningkatkan daya saing nasional. (tyo – humas)

Galeri Foto: BSN Tingkatkan Kompetensi Komunikasi Personel Pengembangan SDM SPK