Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Expo 2023: SNI Untuk Semua

  • Selasa, 21 November 2023
  • Humas BSN
  • 1564 kali

“Standards level the playing field” pernah digaungkan oleh tiga organisasi standar dunia (ISO, IEC, ITU), yang menjadi tema peringatan Hari Standar Dunia atau World Standard Day pada 2014. Pesan sederhana tapi kuat yang ingin disampaikan adalah bahwa “Standar untuk semua” standar bukan hanya dominasi kepentingan tertentu, bukan hanya untuk negara maju, bukan hanya pengusaha besar atau kalangan pengusaha saja.

Level the playing field yang intinya standar dibuat untuk menjawab semua kepentingan, baik itu kepentingan konsumen, pelaku usaha, pemerintah dan Masyarakat ahli. Maka dari itu, salah satu prinsip dalam standardisasi adalah konsensus dan tidak memihak. Hal ini juga yang tertuang dalam asas standardisasi dan penilaian kesesuaian, pasal 2 Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Hal yang sama terjadi pada saat menerapkan standar, entah itu oleh pelaku usaha, baik besar maupun kecil, konsumen dan pemerintah. Semua pihak akan mendapat manfaat, keuntungan dan kesempatan yang sama terhadap produk yang dibeli atau yang dihasilkan. Standar, terutama standar internasional merupakan instrumen penting dalam membuat hal tersebut terjadi.

Hal inilah yang ingin kembali digaungkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui SNI Expo 2023 yang bertemakan “SNI untuk Semua”.

“Bahwa sejatinya SNI dibuat bukan demi kepentingan dunia usaha, tapi juga bentuk perlindungan kepada konsumen, dan lingkungan hidup,” ungkap Analis Standardisasi Ahli Muda BSN Banu Sinarmala selaku Ketua Penanggung Jawab SNI Expo 2023 yang ditemui usai pembukaan SNI Expo 2023 di Jakarta pada Rabu (15/11/2023).

Untuk itu dalam rangkaian acara SNI Expo, salah satu acara yang diadakan adalah edukasi kepada anak-anak SD dan TK, serta ibu-ibu rumah tangga. “Tujuannya, agar mereka sadar tentang produk apa saja yang ber-SNI, dan SNI sebagai salah satu jaminan produk aman dan berkualitas,” kata Banu.

Acara diisi juga dengan talkshow yang menghadirkan UMKM ber-SNI role model binaan BSN, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang membahas bagaimana meningkatkan akses pasar dan skala usaha melalui SNI serta manfaat penerapan SNI bagi konsumen.

SNI Expo 2023 yang berlangsung selama dua hari ini, 15-16 November 2023 di JCC, merupakan rangkaian dari kegiatan Bulan Mutu Nasional, yang diikuti oleh 42 tenant yang berasal dari para produsen barang dan jasa dalam negeri yang ber-SNI, baik besar, menengah maupun kecil (UMK), Kementerian dan BSN. Expo juga dimeriahkan dengan lomba-lomba untuk siswa TK dan SD, Games, Doorprize, Storytelling, Pertunjukan musik dan lain-lain.

SNI Expo 2023 mendapat dukungan dari perusahaan nasional dan multinasional penerap SNI, yakni PT Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kujang Cikampek, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT. Mutu Agung Lestari, Tbk, serta PT. Anindya Wiraputra Konsult.

SNI Expo diharapkan dapat menjadi kegiatan berkelanjutan, mandiri dan dikelola bersama- sama oleh para pemangku kepentingan barang dan jasa dalam negeri yang ber-SNI untuk meningkatkan daya saing dan mewujudkan tujuan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.(ria-humas)


Galeri Foto: SNI Expo 2023: SNI Untuk Semua