Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN : Apresiasi Komitmen PT IHM Terapkan Standar

  • Rabu, 15 November 2023
  • Humas BSN
  • 280 kali

Masih dalam rangkaian kegiatan Indonesia Quality Expo (IQE) ke-11 Tahun 2023, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S Achmad didampingi Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi, Zul Amri melakukan kunjungan ke industri penerap standar, PT Itchi Hutani Manunggal (IHM), Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam paser Utara, Kalimantan Timur pada Jumat (10/11/2023).

Kukuh menyampaikan apresiasi kepada PT IHM atas komitmennya menerapkan berbagai standar. “BSN mengapresiasi komitmen para stakeholder baik pemerintah maupun pelaku usaha yang kepeduliannya cukup tinggi dengan penerapan standar termasuk PT IHM. Pengakuan standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) di Indonesia telah diakui dunia. Berdasarkan hasil survei yang diadakan oleh United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) pada tahun 2022 infrastruktur mutu Indonesia menduduki peringkat ke- 34 di dunia dari total 137 negara di dunia yang ikut disurvei,” ujar Kukuh.

Di tingkat ASEAN, Indonesia peringkat ke-2, peringkat ke-6 di Asia Timur dan Pasifik, dan peringkat ke-10 di kelompok negara APEC.

Menurut Kukuh, hasil ini bisa tercapai atas komitmen semua pihak termasuk PT IHM. “Ini bukan kerja BSN saja, tetapi kerja sama semua pihak yang telah mengembangkan dan menerapkan standar pasa sektor usahanya,” tutur Kukuh.

Menanggapi Kukuh, Direktur SDM dan Keuangan PT IHM, Sudarso mengungkapkan PT IHM sudah menerapkan beberapa standar. Diantaranya, sertifikasi Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) dan Verifikasi Legalitas Kayu (VLK); ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan; serta ISO 45001:2018 Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Dalam mengelola usahanya, PT IHM berkomitmen untuk mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional tentang sistem pengelolaan hutan secara lestari, baik kualitas produksi, sosial, pengelolaan lingkungan, serta pengelolaan kesehatan dan keselamatan kerja.

Dengan total area 114.830 Ha, PT IHM memiliki kapasitas produksi maksimal 18 juta bibit siap tanam per tahun ini.

Sebagai informasi, PT IHM merupakan industri penghasil serat kayu tanaman yang memiliki visi menjadi industri penghasil serat kayu tanaman terbaik didunia dan menyediakan serat berkualitas tinggi kepada para pelanggan dengan memperhatikan kontribusi kepada masyarakat luas serta pelaksanaan standar-standar lingkungan, dan keselamatan kerja.

Selain Sudarso, hadir dalam kunjungan Road Maintenance & Infra Head PT IHM, Andang Priadi dan Sustainability Manager PT IHM, Ahmad Sutiawan. (nda-humas)

 

Galeri Foto: Kepala BSN : Apresiasi Komitmen PT IHM Terapkan Standar