Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kolaborasi Aktif KLT BSN Jatim – ECS Perluas Pasar Ekspor Produk UMKM

  • Senin, 16 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 1178 kali

Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (KLT BSN) Jawa Timur menjalin kolaborasi aktif  dengan Export Center Surabaya (ECS) dalam rangka memperluas pasar ekspor produk UMKM, termasuk UMKM Binaan BSN ke negara-negara mitra. 

Hasil dari kolaborasi dimaksud, sukses diwujudkan melalui pengiriman produk-produk UMKM ke Jepang yang diresmikan dalam kegiatan Seremonial Pelepasan Ekspor Produk Business Matching 2023 dengan Halal Global Solution Co., Ltd, pada Jum’at (13/10/2023) yang bertempat di Gedung ECS, Surabaya - Jawa Timur.

Acara yang dihadiri oleh UMKM pengekspor dan mitra pendukung yaitu Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan PT POS Indonesia ini, sangat diapresiasi oleh Kepala KLT BSN Jawa Timur, Ahmad Faris Abrori dimana UMKM Binaan BSN yaitu Rendang Uni Tutie, Gula Aren Temon, dan Dry Noodle Organic Center berkesempatan untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas.

“Kerja sama yang baik ini dapat terus ditingkatkan, sehingga semakin terbuka peluang bagi para pelaku usaha untuk melakukan ekspansi pasar, termasuk bagi produk-produk UMKM binaan BSN yang telah tersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI),” pungkas Ahmad Faris Abrori.

Berbicara mengenai kolaborasi, kegiatan fasilitasi ekspansi pasar produk UMKM ke negara mitra melalui kegiatan business matching, merupakan bentuk nyata telah diterimanya produk UMKM di pasar global dan harapannya terjadi repeat order oleh buyer dengan jumlah yang lebih besar.

“ECS turut memfasilitasi ekspor untuk produk corporate guna menciptakan kesinambungan juga pemerataan ekonomi di Jawa Timur,” ungkap Kepala Pengelola ECS, Muhaimin.

Senada dengan hal tersebut, Totok Dirgantoro selaku Sekjen DPP GPEI serta perwakilan dari LPEI dan PT POS Indonesia menyampaikan dukungan terhadap program ekspor yang berkelanjutan, selaras dengan produk-produk UMKM Indonesia yang semakin berdaya saing di pasar global. (KLT BSN Jawa Timur/Red: PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Kolaborasi Aktif KLT BSN Jatim – ECS Perluas Pasar Ekspor Produk UMKM