Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Hadiri Launching Penguatan Jaringan Kemitraan PLUT-KUMKM

  • Jumat, 29 September 2023
  • Humas BSN
  • 945 kali

Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Donny Purnomo turut hadir dalam launching Program Pusat Layanan Usaha Terpadu-Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) Republik Indonesia pada hari Rabu (27/9/2023) di PLUT Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan penguatan PLUT se-Indonesia oleh Kemenkop-UKM dengan Kementerian/Lembaga dan Usaha Besar sebagai offtakers. Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Kemenkop-UKM, Arif Rahman Hakim; Bupati Kuningan, Acep Purnama; Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop-UKM, Yulius; serta Kepala Dinas KUKM se-Kunci Bersama. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri serta perwakilan Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Muti Sophira Hilman.

Dalam kesempatan itu, BSN menerima Penghargaan dari Kemenkop-UKM dalam Program Penguatan Jaringan dan Kemitraan Strategis PLUT-KUMKM di Seluruh Indonesia.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop-UKM, Yulius menyampaikan laporannya bahwa penguatan jaringan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk: Mengoptimalisasi layanan PLUT-KUMKM dalam mendorong UMKM daerah naik kelas dan berdaya saing; Memperkuat kemitraan dengan stakeholders yang telah ada saat ini untuk meningkatkan pengembangan peran PLUT-KUMKM; Mendorong sinergi dengan stakeholders baru dalam rangka perluasan jaringan PLUT-KUMKM sehingga eksistensi PLUT-KUMKM semakin dikenal baik di daerah maupun nasional, Memberikan apresiasi kepada Kementerian/ Lembaga dan Usaha Besar yang telah bekerjasama mengembangkan layanan PLUT-KUMKM dan rantai pasok; serta Menguatkan jaringan Usaha Mikro dengan Usaha Kecil, Menengah dan Besar.

Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama mengungkapkan, dengan dibukanya program ini, diharapkan UMKM khususnya di Kabupaten Kuningan dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan akses pembiayaan, mendapatkan bimbingan dan pelatihan, serta mendapatkan dukungan teknologi dan inovasi dari Kementerian/Lembaga dan Usaha Besar yang menjadi mitra strategis serta berharap program ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi UMKM di Kabupaten Kuningan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan  menggerakkan perekonomian daerah.

Melalui Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani antara BSN dengan Kemenkop-UKM, BSN berkomitmen akan segera menindaklanjutinya dengan mengintegrasikan Layanan Terpadu BSN dengan layanan yang ada di PLUT-KUMKM. Dengan adanya integrasi tersebut, maka peran PLUT-KUMKM akan semakin optimal dan mendorong peningkatan layanan PLUT-KUMKM bagi UMKM di seluruh Indonesia. (ALB/FIR)

 

Galeri Foto: BSN Hadiri Launching Penguatan Jaringan Kemitraan PLUT-KUMKM