Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Siap Dukung BSIP Penuhi Kebutuhan Standardisasi di Bidang Pertanian

  • Jumat, 22 September 2023
  • Humas BSN
  • 909 kali

Standar instrumen pertanian sangat diperlukan demi menjamin mutu dari proses dan produk hasil pertanian. Penerapan standar yang baik, akan mendorong potensi pertanian Indonesia mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Deputi Bidang Pengembangan Standar Badan Standardisasi Nasional (BSN) Hendro Kusumo dalam acara “Gebyar Agrostandar” yang diselenggarakan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) di Bogor pada Rabu (20/9/2023), menyampaikan bahwa untuk melakukan kegiatan ekspor pertanian, harus memenuhi persyaratan standar internasional yang relevan. Sehingga dibutuhkan ketersediaan infrastruktur mutu nasional bidang pertanian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“PR besar untuk BSIP adalah bagaimana memperbanyak laboratorium uji dan LSPro di seluruh Indonesia sesuai dengan persyaratan standar,” jelas Hendro.

Oleh karena itu, sebagai mitra BSIP, Hendro yang hadir mewakili BSN mengatakan bahwa BSN siap membantu BSIP untuk memenuhi kebutuhan standardisasi di bidang pertanian.

Dalam kegiatan ini juga, BSN melakukan penyerahan 4 dokumen Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada BSIP selaku pengusul Program Nasional Perumusan Standar (PNPS), serta penyerahan 14 dokumen Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI3) dan inisiasi pembentukan 5 LSPro (Lembaga Sertifikasi Produk) secara simbolis dari BSIP kepada BSN.

4 SNI tersebut adalah SNI 8485:2023 Alat pemeliharaan tanaman – Sprayer gendong elektrik – Syarat mutu dan metode uji; SNI ISO 13495:2013 Bahan Pangan – Prinsip selektif dan kriteria validasi untuk metode uji identifikasi varietas menggunakan asamnukleat spesifik; SNI 9177:2023 Pengelolaan bank gen lapang; dan SNI 9184:2023 Pelayanan kesehatan hewan – Rumah sakit hewan, klinik hewan, dan praktik dokter hewan mandiri.

Gebyar Agrostandar merupakan acara peringatan Hari Ulang Tahun BSIP yang diselenggarakan pada tanggal 19-21 September 2023 di Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini bertema "Agrostandar Hebat, Pertanian Maju" dan menjadi momentum penting dalam perjalanan BSIP yang baru berusia satu tahun. (hps-humas)

 

Galeri Foto: BSN Siap Dukung BSIP Penuhi Kebutuhan Standardisasi di Bidang Pertanian