Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Terima Kunjungan UNIDO, Evaluasi Pengembangan Lab SNSU Biologi

  • Kamis, 21 September 2023
  • Humas BSN
  • 666 kali

Dalam rangka kerjasama antara United Nations Industrial Development Organization Global Quality and Standards Programme (UNIDO GQSP) dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN), telah dilakukan evaluasi akhir (Independent Terminal Evaluation) kerja sama BSN dan UNIDO dalam program GQSP Indonesia Fase 1 (2019 - 2023) terkait pengembangan Laboratorium SNSU Biologi di Gedung Laboratorium SNSU Serpong, Tangerang Selatan pada Selasa (19/9/2023).

Perwakilan UNIDO disambut oleh Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono didampingi Kepala Laboratorium SNSU Biologi Umi Nuraeni beserta staf Laboratorium SNSU Biologi. Adapun perwakilan UNIDO dipimpin oleh Chief Operating Officer of UNIDO GQSP Indonesia, Ita Sualia serta Tim Ahli Evaluasi, Brahim Houla.

Dalam kesempatan ini, Tim UNIDO dan BSN mendiskusikan hasil-hasil dan manfaat program pengembangan Laboratorium SNSU Biologi. Kepala Laboratorium SNSU Biologi, Umi Nuraeni menyampaikan bahwa telah dilakukan beberapa kegiatan bersama UNIDO antara lain FGD dengan pakar Mikrobiologi sebagai inisiasi pertama; pengembangan peta jalan Laboratorium SNSU Biologi dari tahun 2021 hingga 2022 dengan pakar dari METAS; pengembangan rencana bisnis dengan menggunakan metode Comfar; serta peningkatan kompetensi personel laboratorium melalui pelatihan.

Selain itu juga telah dilakukan uji kinerja proyek percontohan Analisis ISO/TS 20224-3 Deteksi bahan asal hewan pada bahan pangan dan bahan pakan Metode Deteksi DNA Porcine, dan perbandingan antar laboratorium dengan 30 laboratorium penguji di Indonesia pada tahun 2021-2022; memberikan uji profisiensi untuk mendeteksi DNA Porcine (10 peserta laboratorium penguji); pengukuran ketidakpastian menggunakan copy number/ul DNA dengan PCR digital; serta pengembangan pengujian mikrobiologi.

Sementara itu Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono menyampaikan apresiasi kepada UNIDO karena telah mendukung BSN untuk mengembangkan Laboratorium SNSU Biologi sejak 2019 lalu. Banyak manfaat yang dirasakan, terutama dalam hal pengembangan peta jalan laboratorium serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) laboratorium SNSU.

Menutup diskusi, Tim Ahli Evaluasi, Brahim Houla mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima cukup informasi yang dibutuhkan untuk bahan evaluasi UNIDO. Harapannya, program-program yang ada dapat berkelanjutan dan bermanfaat lebih luas lagi bagi stakeholder BSN.(ria-humas)

 

Galeri Foto: SNSU BSN Terima Kunjungan UNIDO, Evaluasi Pengembangan Lab SNSU Biologi