Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KLT BSN Sumsel dukung P4GN BNN dengan SNI 8807:2022

  • Senin, 18 September 2023
  • Humas BSN
  • 417 kali

Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (KLT BSN) Sumatera Selatan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan menggelar sosialisasi penerapan SNI 8807:2022 tentang Penyelenggara layanan rehabilitasi bagi orang dengan gangguan penggunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA), pada Rabu (13/9/2023) yang bertempat di Kantor BNN Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan pemahaman terkait penerapan SNI dimaksud, guna mendukung Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

SNI 8807:2022 mengatur dan menetapkan persyaratan umum dan persyaratan khusus penyelenggaraan layanan rehabilitasi bagi orang dengan gangguan penggunaan NAPZA.

“Sosialisasi SNI 8807:2022 ini merupakan salah satu langkah awal dan kontribusi yang dilakukan oleh BSN dalam mendukung amanah Instruksi Presiden No 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) P4GN,” jelas Kepala KLT BSN Sumatera Selatan, Angga Madi Utomo.

Rehabilitasi yang dimaksud, sambungnya, meliputi rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial dalam bentuk layanan rawat jalan dan/atau rawat inap dengan tiga tipe, yaitu Tipe I, Tipe II dan Tipe III.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, para penyelenggara layanan rehabilitasi bagi pengguna NAPZA mendapat pengetahuan tentang bagaimana penerapan SNI 8807:2022 yang berpotensi untuk diberlakukan secara wajib oleh Pemerintah di waktu yang akan datang, pungkas Angga.

Senada dengan hal tersebut, “Dengan adanya SNI ini semua pelayanan rehabilitasi NAPZA dapat terstandar bagi masyarakat dan besar harapannya dapat didukung penuh dari segala lini untuk dapat mencapai tujuan ini,” ungkap Konselor Adiksi Ahli Madya BNN, A. Bustari.

Dalam kesempatan tersebut, KLT BSN Sumatera Selatan dan BNN Provinsi Sumatera Selatan menyepakati tindak lanjut kegiatan ini melalui pendampingan dan pembinaan kepada beberapa penyelenggara layanan rehabilitasi yang ada di Sumatera Selatan dalam penerapan SNI 8807:2022 hingga siap sertifikasi.

Acara dihadiri oleh kurang lebih 30 orang peserta, yang terdiri dari 14 penyelenggara layanan rehabilitasi bagi pengguna NAPZA di seluruh Sumatera Selatan; klinik pratama BNN dari 9 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan, serta perwakilan dari Puskesmas Boombaru; Kertapati; Gandus; 23 Ilir; Sukarami serta Rumah Sakit Ernaldi Bahar. (KLT BSN Sumatera Selatan/Red: PjA – Humas)

 

Galeri Foto: KLT BSN Sumsel dukung P4GN BNN dengan SNI 8807:2022