Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dukung Ketertelusuran Ventilator Tester di Indonesia, SNSU BSN Terima Audiensi dari BPFK

  • Selasa, 01 Agustus 2023
  • Humas BSN
  • 739 kali

Dalam rangka membangun kerja sama terkait ketertelusuran pengukuran pada ventilator tester, Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi dan Biologi - Badan Standardisasi Nasional (SNSU BSN), Wahyu Purbowasito menerima audiensi dari Kepala Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Subadri pada Jumat (28/7/2023) di Kantor SNSU BSN, Serpong.

Ventilator tester merupakan alat yang digunakan untuk mengecek kebenaran pengukuran pada ventilator. Melihat fungsinya yang sangat vital, ventilator tester pun perlu dikalibrasi dengan standar yang lebih tinggi, sehingga pengukuran yang dihasilkan dapat tertelusur hingga ke standar utama.

Pada kesempatan ini, Wahyu Purbowasito menjelaskan bahwa Laboratorium SNSU BSN tengah mengembangkan sistem kalibrasi ventilator tester. Adapun sebagai upaya menjamin ketertelusuran hasil kalibrasi ventilator tester, tahun ini SNSU BSN mengikuti uji banding terkait kemampuan kalibrasi ventilator tester bersama 6 negara lain, yakni Korea, Thailand, India, Mesir, Taiwan, dan Cina. “Uji banding ini diestimasikan akan berlangsung hingga akhir tahun 2023,” terangnya.

Sementara itu, Subadri menyampaikan bahwa Laboratorium Alat Ukur Standar BPFK sedang mengembangkan layanan ventilator tester. “Studi banding ini akan menjadi acuan atau referensi pada pengembangan layanan ventilator tester pada Laboratorium Alat Ukur Standar di BPFK,” tuturnya. (ald-Humas)




­