Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Berkolaborasi dengan ARISE+, SNSU BSN Gelar Pelatihan Metrologi

  • Selasa, 01 Agustus 2023
  • Humas BSN
  • 731 kali

Dalam rangka peningkatan pemahaman personil Standar Nasional Satuan Ukuran Badan Standardisasi Nasional (SNSU BSN) tentang metrologi, SNSU BSN berkolaborasi dengan Arise+ mengadakan serangkaian pelatihan tentang Metrologi yang akan dilaksanakan dari Juli sampai November. Ditahap pertama ini dilaksanakan pelatihan “Metrology in General” secara hybrid (daring dan luring) selama 6 hari, sejak 31 Juli 2023 hingga 7 Agustus 2023.

Pelatihan ini dibuka oleh Deputi SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono, dan dihadiri oleh seluruh staf serta ketua tim kerja di lingkungan SNSU BSN.

Dalam pembukaannya pada Senin (31/7/2023), Kristianto mengatakan, metrologi memiliki peran penting dalam infrastruktur mutu nasional. Disamping itu, metrologi merupakan bagian dalam upaya perlindungan masyarakat dalam aspek perdagangan serta kesehatan.

Metrologi juga sangat berkaitan dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Semakin tinggi suatu teknologi, maka pengukuran yang dibutuhkan akan lebih spesifik, khususnya dalam hal akurasi dan presisi,” ujar Kristianto.

Kristianto meyakini, pelatihan ini sangat penting bagi personil SNSU BSN, karena dapat memperluas cakrawala mengenai metrologi. Kendati demikian, ia menyadari bahwa pelatihan secara online memiliki tantangan tersendiri, karena interaksinya terbatas. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh peserta untuk aktif dalam mengikuti pelatihan.

“Manfaatkanlah pelatihan ini sebaik mungkin. Silakan tanya apa saja. Karena dengan bertanya, akan menambah pengetahuan kita,”pesan Kristianto.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh PT Mutu Agung Lesatari (MUTU International) ini menghadirkan trainer dari National Metrology Insititute of South Africa (NMISA), Wynand Louw.

Selama 6 hari, para peserta akan mendapat materi mengenai teori metrologi umum, sistem manajemen mutu secara umum, manajemen sumber daya manusia dan statistik.

Selain itu, pelatihan ini juga mengangkat topik-topik khusus, yakni frekuensi radio (peserta dari laboratorium kelistrikan dan waktu frekuensi); getaran dan akustik (peserta dari laboratorium akustik dan vibrasi); massa, gaya, dan torsi (peserta dari laboratorium massa); dan geodetik (peserta dari laboratorium panjang).

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan ini adalah konsultan senior ARISE+, Peyre Alain dan Arief Safari; Direktur Operasional MUTU International, Irham Budiman; serta Kepala Seksi NMISA, Aletta Karsten. (ald-Humas)




­