Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Terakreditasi ISO/IEC 17029:2019 Sebagai LVV, PT. SUCOFINDO Diakui Internasional

  • Selasa, 01 Agustus 2023
  • Humas BSN
  • 802 kali

 

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN), Kukuh S. Achmad menyerahkan sertifikat akreditasi Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) Gas Rumah Kaca berdasarkan SNI ISO/IEC 17029:2019, ISO 14065:2020, dan SNI ISO 14064-3:2019 kepada Direktur Utama PT. Sucofindo, Jobi Triananda pada Senin (31/07/2023) di Jakarta. Penyerahan ini disaksikan langsung oleh Direktur Komersial Sucofindo, Darwin Abas dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Sucofindo, Budi Hartanto beserta jajaran.

Dalam Perpres No. 98 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon untuk Pencapaian Target Kontribusi yang Ditetapkan Secara Nasional dan Pengendalian Emisi Gas Rumah Kaca dalam Pembangunan Nasional, KAN mendapat amanah untuk memberikan akreditasi terhadap Lembaga validasi dan/atau verifikasi Gas Rumah Kaca dalam skema NEK.

Kukuh sangat mengapresiasi capaian dari PT. Sucofindo yang telah berhasil mendapatkan sertifikat akreditasi SNI ISO/IEC 17029:2019 dan standar terkait. “Pemberian sertifikat akreditasi penambahan lingkup ini membuktikan bahwa Sucofindo telah memiliki kompetensi sesuai standar internasional ISO/IEC 17029 yang telah diadopsi menjadi SNI ISO/IEC 17029 untuk melakukan validasi dan verifikasi sesuai ruang lingkupnya,” ungkap Kukuh.

Dengan telah diterimanya sertifikat akreditasi skema validasi dan verifikasi gas rumah kaca, maka semakin luas cakupan layanan dari Sucofindo sebagai lembaga penilaian kesesuaian yang "bisnis utamanya" bergerak di bidang Testing, Inspection, Certification (TIC).

Kukuh juga mengatakan, "Tantangan terbesar bagi semua negara adalah menghadapi perubahan iklim. Indonesia, sebagai bagian dari komunitas internasional, lebih percaya diri bahwa kita sudah berkomitmen melalui Perpres No. 98 Tahun 2021 beserta regulasi turunannya untuk masing-masing sektor dan Standar SNI/ISO 17029:2019 beserta standar terkait."

Sementara itu, Dirut PT Sucofindo, Jobi Triananda mengatakan, “Raihan akreditasi ini dapat mendorong akselerasi dan mendukung penuh program Nilai Ekonomi Karbon (NEK) oleh pemerintah, terutama target launching pada september tahun ini,” ujarnya.

Penyerahan sertifikat akreditasi ini juga turut disaksikan oleh Analis Standardisasi Ahli Madya selaku Koordinator Kelompok Substansi Akreditasi Lembaga Inspeksi, Lembaga Verifikasi dan Lembaga Validasi BSN, Esti Premati; Analis Standardisasi Ahli Muda selaku Subkoordinator Kelompok Substansi Harmonisasi Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Sertifikasi BSN, Awan Taufani dan jajaran pegawai PT. SUCOFINDO yang hadir. (Awg, Editor:Arf)

 




­