Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Codex Contact Point Timor Leste Lakukan Kunjungan Belajar ke BSN dan BPOM

  • Rabu, 26 Juli 2023
  • Humas BSN
  • 436 kali

Codex Alimentarius Commission (CAC/Codex) merupakan organisasi yang didirikan untuk memberikan perlindungan terhadap kesehatan publik serta menjamin praktik yang jujur dalam perdagangan pangan internasional melalui pengembangan standar pangan internasional. Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah ditunjuk sebagai Codex Contact Point (CCP) Indonesia yang salah satu tugas utamanya adalah mengoordinasikan seluruh pelaksanaan kegiatan Codex di Indonesia.

Pada tanggal 21 Februari 2018, Pemerintah Timor-Leste secara resmi menjadi Anggota ke-188 Codex Alimentarius Commission. Pada tahun 2023 ini, National Codex Contact Point (CCP) Timor Leste sedang berfokus pada pengembangan kapasitas personel sekretariat Codex Contact Point serta mengoordinasikan pembentukan Komite Nasional Codex di negaranya. Oleh karena itu, mereka mengirimkan dua orang perwakilan yaitu Mr. dr. Nilton da Costa Cruz dan  Mrs. Marta Abenia Paixao da Cruz Santos untuk melakukan kunjungan belajar ke sekretariat CCP Indonesia sebagai bagian dalam program Codex Trust Fund.

Kunjungan belajar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara kerja sekretariat CCP agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara efektif.

Kegiatan kunjungan belajar CCP Timor Leste dibuka langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo, pada Selasa (25/07/23). Kegiatan kunjungan belajar akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 25-27 Juli 2023, bertempat di kantor BSN dan kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Jakarta.

Dalam sambutannya, Hendro mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para peserta atas kunjungan ke BSN untuk saling berbagi pengalaman. Selanjutnya, Hendro menjelaskan secara singkat mengenai Komite Nasional Codex Indonesia dan organisasi Codex Indonesia.

Perwakilan dari CCP Timor Leste, Mr. dr. Nilton da Costa Cruz berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat sehingga Timor Leste dapat menjadi lebih aktif dalam berpartisipasi di forum Codex.

"Kami, atas nama Kementerian Kesehatan dan Sekretariat Codex Contact Point Timor Leste, mengapresiasi teman-teman dari BSN yang telah meluangkan waktu untuk berbagi pengetahuan dengan kami. Kami berharap dapat mengambil ilmu yang dapat kita implementasikan di Sekretariat CCP Timor Leste nantinya," jelas Nilton.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal BSN, Heru Suseno, serta beberapa anggota sekretariat CCP Indonesia. (hps/Humas)

 

Galeri Foto: Codex Contact Point Timor Leste Lakukan Kunjungan Belajar ke BSN dan BPOM




­