Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU TK BSN Menerima Kunjungan Ditjen SDPPI Kominfo

  • Kamis, 27 Juli 2023
  • Humas BSN
  • 477 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik dan Kimia (SNSU TK) menerima kunjungan dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Rabu (26/7/2023) di Gedung SNSU BSN, Tangerang Selatan. Kunjungan ini merupakan kegiatan observasi lapangan dalam rangka Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Penguji Perangkat Telekomunikasi oleh Ditjen SDPPI.

Rombongan peserta pelatihan yang dipimpin Ketua Tim Kerja Manajemen Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Reformasi Birokrasi Ditjen SDPPI, Siti Chadidjah, disambut hangat oleh Direktur SNSU TK BSN, Ghufron Zaid, didampingi Kepala Laboratorium Waktu dan Frekuensi, A.M Boynawan; Metrolog Ahli Muda BSN, Nibras F. Yayienda; serta Metrolog Ahli Muda BSN, Yulita Ika Pawestri.

Ghufron dalam sambutannya menyampaikan bahwa BSN mengapresiasi kunjungan dari Ditjen SDPPI. “Mudah-mudahan ke depan kita bisa kerja sama dan bersinergi, kami juga bisa tahu lebih banyak tentang SDPPI dan fungsional penguji perangkat telekomunikasi,” ujar Ghufron.

Ghufron menjelaskan, Deputi Bidang SNSU BSN mengemban fungsi sebagai National Metrology Institute (NMI) di Indonesia. Sebab, berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (UU SPK) pasal 42, pengukuran dalam kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian harus tertelusur ke sistem satuan internasional. Ketertelusuran ke sistem satuan internasional tersebut, dilakukan melalui pengelolaan standar nasional satuan ukuran, pengembangan bahan acuan dan kalibrasi.

Berdasarkan UU SPK pasal 43, pengelolaan standar nasional satuan ukuran dilakukan oleh BSN. Pengelolaan SNSU yang dilakukan BSN, mencakup penyediaan, pengembangan, pemeliharan dan diseminasi SNSU.

Kegiatan pengukuran ini sangat penting, karena dibutuhkan dalam berbagai bidang seperti menjamin perdagangan yang adil, kualitas produk, perlindungan lingkungan, kemajuan sains dan teknologi, perawatan kesehatan, serta keamanan transportasi.

Siti dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk menunjang peningkatan pelayanan dalam bidang pengujian dan kalibrasi perangkat telekomunikasi, dilakukan melalui pengembangan kapasitas dan kompetensi untuk para pengujinya.

Siti berharap, dengan kunjungan ini, bisa menambah wawasan peserta diklat di bidang pengujian dan kalibrasi perangkat telekomunikasi.

Dalam kunjungan ini, 17 peserta pelatihan dan para pengajarnya diajak untuk melihat secara langsung pengelolaan SNSU, khususnya di Laboratorium Kelistrikan – SNSU BSN serta Laboratorium Waktu dan Frekuensi – SNSU BSN. Para peserta sangat antusias dan aktif berdiskusi dengan para metrolog BSN dan staf di laboratorium tersebut.(ria-humas)




­