Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Terima Study Visit DSM

  • Rabu, 26 Juli 2023
  • Humas BSN
  • 595 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima kunjungan dari Department of Standards Malaysia (DSM) pada Selasa (25/7/2023) di Kantor BSN, Jakarta. Kunjungan DSM ini dalam rangka kunjungan belajar untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana pengelolaan program pendidikan standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) yang dikembangkan oleh BSN.

Delegasi DSM yang terdiri dari Ms. Sabariah Abdul Talib, Mr. Khairul Anwar Ismail, dan Mr. Ahmad Haziq Mat Jusoh disambut oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM SPK BSN, Arini Widyastuti di dampingi oleh Analis SDM Aparatur Ahli Muda BSN, Heri Kurniawan dan Analis Kompetensi BSN, Umu Kusnawati.

Dalam kesempatan ini Arini menjelaskan, BSN bekerja sama dengan stakeholder yang meliputi lembaga pemerintah, institusi pendidikan, dan organisasi nasional dan internasional untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang SPK.

Pendidikan SPK yang dikelola BSN dilakukan pada jenjang pendidikan tinggi, pendidikan dasar dan menengah, juga pelatihan berbasis online. Di jenjang pendidikan tinggi, SPK menjadi mata kuliah, baik wajib maupun pilihan yang diajarkan di suatu program studi yang sesuai di universitas. Adapun universitas yang telah menerapkan SPK ke dalam kurikulumnya diantaranya adalah Universitas Sriwijaya (UNSRI) dan Universitas Surabaya (UBAYA) yang pada kesempatan ini juga turut memaparkan bagaimana penerapan pembelajaran di universitasnya secara daring.

BSN juga menyelenggarakan Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) yang menjaring siswa-siswa dari sekolah di Indonesia untuk menyusun esai terkait dengan penerapan/pengembangan standar. Selanjutnya, pemenang dari KSN akan mengikuti the International Standards Olympiad di Korea Selatan.

Pada kunjungan yang berlangsung pada 25-27 Juli 2023 ini, DSM juga akan mempelajari bagaimana BSN mengelola perpustakaan, termasuk layanan informasi,  pemesanan, distribusi, dan penjualan dokumen standar. Diharapkan melalui kunjungan ini akan memperkuat kerja sama dan kolaborasi pada kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian antara BSN dan DSM. (Tyo - Humas)




­