Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Ajak Organisasi Jasa Ikuti SNI Award, Tingkatkan Kredibilitas di Masyarakat

  • Jumat, 19 Mei 2023
  • 537 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengajak organisasi jasa di seluruh Indonesia untuk mengikuti SNI Award 2023. Salah satu manfaat mengikuti ajang ini, ialah sebagai sarana promosi dan marketing usaha, sehingga tercipta peningkatan citra di masyarakat sekaligus kredibilitas organisasi yang meningkat.

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN Triningsih Herlinawati menyampaikan bahwa SNI Award merupakan ajang bergengsi untuk memberikan apresiasi bagi organisasi atau pelaku usaha yang berkinerja unggul.

“Apresiasi bagi organisasi/pelaku usaha, bagaimana performance unjuk kerja yang unggul, menerapkan standardisasi,” jelas Triningsih saat membuka acara Bimbingan Teknis Pengisian Kuesioner SNI Award 2023 – Kategori Organisasi Jasa pada Jumat (19/5/2023) secara daring.

Harapannya, lanjut Triningsih, dengan adanya apresiasi ini juga bisa membantu organisasi/pelaku usaha sektor jasa melakukan perbaikan berkelanjutan. “Salah satunya meningkatkan kualitas mutu usaha atau pelayanan yang dilakukan di dalam organisasi,” kata Triningsih.

Analis Standardisasi Ahli Muda BSN Chalid Alonto dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa tahun ini terdapat 12 Kategori SNI Award 2023, yaitu Kategori Organisasi Skala Besar yang terdiri dari: 1.Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral, 2. Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika, 3. Produk Sektor Agro dan Pariwisata, 4. Jasa lainnya seperti Keuangan dan Logistik; kemudian Kategori Organisasi Skala Menengah yang terdiri dari: 5. Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral, 6. Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika, 7. Produk Sektor Agro dan Pariwisata, 8. Jasa lainnya seperti Keuangan dan Logistik. Selanjutnya, Kategori Organisasi Kecil yaitu, 9. Barang, 10. Jasa. Terakhir, Kategori Organisasi Pendidikan, yang mencakup, 11. Pendidikan Tinggi, 12. Pendidikan Dasar dan Menengah.

Organisasi jasa di Indonesia, lanjut Alonto, dapat mendaftarkan diri untuk kategori tersebut. Saat ini, masih terbuka kesempatan lebar bagi organisasi untuk ikut, sebab periode pendaftaran masih terbuka sampai 30 Mei 2023.

Alonto mengungkapkan banyak manfaat mengikuti SNI Award. Salah satunya ialah sebagai sarana promosi dan marketing usaha, sehingga tercipta peningkatan citra di masyarakat sekaligus kredibilitas usaha yang meningkat.

Lead Evaluator SNI Award 2023 Chaerudin Darsa menjelaskan bahwa terkait dengan kriteria-kriteria penilaian SNI Award, saat penilaian nanti konteksnya tim evaluator akan melakukan eksplor kepada organisasi dan top manajemen/senior leader.

Harapannya, eksplorasi ini dapat meningkatkan kinerja organisasi dan kemampuannya dalam rangka mengelola perubahan dan transformasi dengan landasan seluruh kriteria  sehingga mampu mewujudkan kinerja unggul, dan mampu berdaya saing di tingkat nasional maupun global.

Adapun kriteria penilaian dalam SNI Award untuk organisasi menengah dan besar jasa meliputi kepemimpinan; strategi; pelanggan; manajemen sumber daya; operasional layanan; pengukuran, analisis dan peningkatan kinerja; serta hasil-hasil.

Tahap penilaian SNI Award mulai dari self assessment; verifikasi dokumen; desk evaluation; rapat dewan juri; site evaluation; rapat dewan juri; audisi calon platinum; dan terkahir penganugerahan.

Pendaftaran SNI Award 2023 dapat dilakukan melalui tautan berikut: s.id/DaftarSNIAWARD2023. Peserta yang sudah mendaftar akan diundang dalam bimbingan teknis sesuai kategori. Kelengkapan dokumen dapat diunduh pada tautan berikut: s.id/DokSNIAWARD2023. Batas akhir pendaftaran dan penyerahan dokumen kelengkapan SNI Award 2023 sampai dengan tanggal 30 Mei 2023.(ria-humas)