Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN-IAPMO: Perluas Kegiatan untuk Pemangku Kepentingan di Indonesia

  • Kamis, 18 Mei 2023
  • 813 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad, didampingi oleh Deputi Pengembangan Standar, Hendro Kusumo, menerima Thomas Palkon - Chief Technical Services Officer dan Shirley Dewi - Senior Vice President dari International Association of Plumbing and Mechanical Officials (IAPMO) pada Rabu (17/05/2023) di ruang rapat pimpinan, kantor BSN Jakarta. Kedatangan perwakilan IAPMO ini bertujuan untuk melakukan audiensi serta penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara BSN dengan IAPMO. Dalam pertemuan ini, Kepala BSN dan perwakilan IAPMO membahas serta mengkaji ulang kerja sama yang telah dilakukan selama ini. Mereka juga membahas rencana implementasi kegiatan kedua lembaga dalam beberapa tahun ke depan.

Kukuh berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang telah terlaksana sebagai bentuk implementasi kerja sama antara BSN dan IAPMO di tahun-tahun sebelumnya, seperti Tailor Made Course, Community Plumbing Challenge, serta beberapa kegiatan lainnya. Kukuh juga menyatakan bahwa dirinya percaya antara BSN dan IAPMO dapat mengidentifikasi dan memetakan kegiatan bermanfaat lainnya yang dapat dilakukan di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan sebagai implementasi MoU antara kedua belah pihak. Selain itu,  beliau juga berharap kerja sama ini dapat membawa manfaat yang lebih besar dan meningkatkan standar infrastruktur serta dapat memperluas berbagai kegiatan untuk para pemangku kepentingan di Indonesia.

Thomas dari IAPMO juga menyambut baik audiensi serta penandatanganan MoU ini dan menyatakan bahwa IAPMO juga senang dapat melanjutkan kerjasama jangka panjang dengan BSN, serta berkomitmen untuk membantu pengembangan standar, memberikan praktik terbaik di Indonesia dan juga memperkuat kapasitas teknis dan pengetahuan di bidang plumbing dan mekanikal.

Audiensi dan penandatanganan MoU antara BSN dan IAPMO ini menandai langkah maju dalam pengembangan standar, khususnya terkait plambing di Indonesia. Dengan dukungan yang kuat serta semangat kolaborasi berkelanjutan yang erat antara kedua lembaga, diharapkan kerja sama ini akan membawa dampak positif yang signifikan terutama terkait dengan pengembangan standar yang berkualitas, relevan dengan perkembangan teknologi, serta sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Turut hadir dalam acara ini adalah Rista Dianamecci - General Manager IAPMO Group Indonesia, Jati Pambudi - Auditor and Test Engineer IAPMO Group Indonesia, serta Suhaimi Kasman - Analis Kebijakan Ahli Madya selaku Koordinator Kelompok Substansi Kerja Sama BSN. (Reza - Humas)