Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Gelar Bimtek Pengisian Kuesioner, Permudah Organisasi Peserta SNI Award

  • Selasa, 16 Mei 2023
  • 1043 kali

Setelah melaksanakan beragam kegiatan sosialisasi mengenai SNI Award 2023 juga Gathering SNI Award 2023 dari berbagai perusahaan/organisasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) memperdalam pemahaman para calon peserta dari sisi proses pengisian kuesioner pendafataran, dokumen pendukung, hingga self-assessment, “Kegiatan kali ini dibahas lebih lanjut mengenai tahapan-tahapan SNI Award 2023 bagi para calon peserta, terutama yang baru mengikuti di tahun 2023 ini,” ungkap Koordinator Diseminasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Tintin Prihatiningrum yang mewakili Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Triningsih Herlinawati saat membuka Webinar Bimbingan Teknis Pengisian Kuesioner SNI Award 2023 – Kategori Organisasi Barang, pada Selasa (16/5/2023).

Berbicara mengenai penyelenggaraan SNI Award 2023, terdapat persyaratan peserta merupakan lembaga pemerintah atau swasta yang memenuhi legalitas hukum di Indonesia, menghasilkan produk barang dan/atau jasa yang diproduksi di Indonesia minimal selama 3 (tiga) tahun; bukan organisasi Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) (Laboratorium, Lembaga Inspeksi, Lembaga Sertifikasi, Lembaga Verifikasi/Validasi); telah menerapkan SNI yang terkait lingkupnya dibutikan dengan marking Tanda SNI dan/atau sertifikat SNI yang masih berlaku dari LPK yang terakreditasi; tidak dan/atau sedang terlibat kasus hukum; merupakan kelembagaan yang memiliki kewenangan mandiri untuk menentukan kebijakan dan strategi serta kemampuan dalam mengelola sumber daya aset, keuangan, dan SDM; serta Penerima  SNI Award Kategori Emas dan Platinum bersedia mengisi kegiatan Konferensi Mutu, jelas Sub Koordinator Promosi Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Chalid Alonto.

Sementara itu, 12 Kategori SNI Award 2023 yaitu Kategori Organisasi Skala Besar yang terdiri dari: 1.Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral, 2. Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika, 3. Produk Sektor Agro dan Pariwisata, 4. Jasa lainnya seperti Keuangan dan Logistik; kemudian Kategori Organisasi Skala Menengah yang terdiri dari: 5. Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral, 6. Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika, 7. Produk Sektor Agro dan Pariwisata, 8. Jasa lainnya seperti Keuangan dan Logistik. Selanjutnya, Kategori Organisasi Kecil yaitu, 9. Barang, 10. Jasa. Terakhir, Kategori Organisasi Pendidikan, yang mencakup, 11. Pendidikan Tinggi, 12. Pendidikan Dasar dan Menengah. 

Dalam kesemapatan yang sama, Lead Evaluator SNI Award, Indriati Nasution menjelaskan bahwa formulir pendaftaran SNI Award 2023 terdapat lima bagian yaitu data diri personel penghubung; data umum organisasi Peserta SNI Award 2023; data profil organisasi peserta SNI Award 2023; halaman unggahan untuk dokumen yang perlu disampaikan kepada Sekretariat SNI Award; dan bagian kelima adalah form self-assesment, “Jangan lupa untuk klik tombol submit setelah selesai mengisi seluruh form,” pesannya.

Penilaian SNI Award 2023, lanjut Indriati, bertujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui komitmen pimpinan puncak untuk mengelola perubahan dan transformasi berlandaskan seluruh kriteria SNI Award sehingga mampu mewujudkan kinerja unggul dan berkelanjutan sehingga semakin berdaya saing di tingkat nasional maupun global.

Dalam proses penilaiannya, SNI Award menggunakan pendekatan kerangka kerja Malcolm Baldridge yaitu ADLI (Approach, Deployment, Learning, Integration) dan LeTCI (Level, Trend, Comparation and Integration). Output dari penilaian ini akan dinotifikasi dalam bentuk strength dan Opportunity for Improvement (OFI) guna pemberian angka atau score untuk penghargaan berdasarkan kategori perunggu, perak, emas, maupun platinum.

“Tim Evaluator SNI Award di akhir proses penilaian akan memberikan umpan balik kepada seluruh peserta dalam rangka memberikan nilai tambah bagi organisasi,” jelas Indriati.

Sebagai informasi, pendaftaran SNI Award 2023 dapat dilakukan melalui tautan berikut: s.id/DaftarSNIAWARD2023. Peserta yang sudah mendaftar akan diundang dalam bimbingan teknis sesuai kategori. Kelengkapan dokumen dapat diunduh pada tautan berikut: s.id/DokSNIAWARD2023. Batas akhir pendaftaran dan penyerahan dokumen kelengkapan SNI Award 2023 sampai dengan tanggal 30 Mei 2023. Untuk informasi lebih detail mengenai SNI Award 2023 dapat mengakses SNI Award 2023. (PjA - Humas)




­