Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

ASEAN-China Mulai Negosiasi Upgrading ACFTA WG-STRACAP

  • Rabu, 12 April 2023
  • 2156 kali

ASEAN dan China memulai Putaran Pertama Negosiasi ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) Upgrade untukWorking Group on Standards, Technical Regulations, and Conformity Assessment Procedures (WG-STRACAP) secara daring pada Selasa (11/4/2023). Pertemuan dipimpin oleh Co-Chair – ASEAN Hussalmizzar Hussain, serta perwakilan delegasi China yang dipimpin oleh Deputy Director Asian and European Affairs Division International Cooperation Department State Administration for Market Regulation China, Chen Jin.

Pertemuan diikuti oleh perwakilan negara-negara anggota ASEAN/ ASEAN Members State (AMS), delegasi China dan ASEAN Secretariat. Adapun Delegasi Indonesia dipimpin oleh Analis Standardisasi Ahli Madya Badan Standardisasi Nasional (BSN) Aderina Uli Panggabean, yang beranggotakan perwakilan BSN, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut hasil Forum AEM – Ministry of Commerce (MOFCOM) Consultation ke-21 pada tanggal 17 September 2022, yang bersepakat untuk meningkatkan implementasi ACFTA melalui endorsementJoint Feasibility Study Report to Further Enhance the ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA3.0). Peningkatan ACFTA akan difokuskan pada sektor yang menguntungkan kepentingan kedua pihak (ASEAN dan China) antara lain sektor Digital economy, Green economy, non tariff measures, isu perlindungan konsumen, dan UMKM, serta transisi untuk modernisasi struktur chapter pada ACFTA. Adapun salah satu cakupan dalam perjanjian ialah terkait isu Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian yang dituangkan ke dalam chapter STRACAP.

Dalam pertemuan WG-STRACAP pertama ini, negara anggota ASEAN dan China membahas dan mengidentifikasi Program Kerja untuk Penyelesaian Negosiasi ACFTA 2023 – 2024. Program kerja ini menargetkan 50% negosiasi atau kesepakatan dapat tercapai dan  menghasilkan final draft text untuk ACFTA upgrade yang disepakati pada akhir tahun 2024.

Dalam pertemuan ini, AMS dan China juga berdiskusi saling bertukar pandangan dan masukan terhadap elemen-elemen yang memungkinan dapat diakomodasi dalam chapter STRACAP (Upgraded AFCTA Structure). Kedua belah pihak setuju untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang proses penyelesaian sengketa (dispute settlement) pada perundingan putaran selanjutnya. Selain itu, kedua belah pihak juga setuju untuk mendalami isu teknis pada Article 6.5 International Standards, Guides, and Recommendations dalam chapter ACFTA STRACAP.

Hasil pertemuan pertama WG-STRACAP tersebut akan dilaporkan pada 4th Special ACFTA Joint Committee Meeting, yang juga tengah berlangsung pada 10 – 12 April 2023 di Bangkok, Thailand.

Baik ASEAN maupun China berharap, negosiasi terkait STRACAP ini ke depan dapat lebih advanced. Kedua belah pihak pun siap berkoordinasi intensif, demi tercapainya perjanjian yang bermanfaat bagi kedua pihak. Adapun putaran kedua negosiasi, direncanakan diselenggarakan pada kuartal kedua (Q2) 2023 di China secara hybrid.(ria-humas)