Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN: Untuk keselamatan dan keamanan, mainan anak-anak harus SNI

  • Senin, 27 Maret 2023
  • 1148 kali

Faktor keselamatan dan keamanan produk, menjadi hal yang utama untuk mainan anak-anak. Sebagus apapun mainan kalau tidak aman, itu akan membahayakan anak anak.

“Siapa lagi yang menjaga anak-anak kita kalau bukan kita. Jadi mainan tidak hanya warnanya yang bagus, tapi juga aman jika dipake,” ujar Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Badan Standardisasi Nasional (BSN), Slamet Aji Pamungkas atau yang biasa disapa Mamung, saat memberikan sambutan pada launching produk terbaru PT. Sinar Harapan Plastik (SHP), ‘VOLTA5052 SKYLIGHT DRIFT SERIES’. Launching diselenggarakan di J99 Maxx Drift Circuit, Karawaci, Tangerang, Banten, (25/03/2023) kemarin.

Mamung mengatakan, BSN sangat mengapresiasi dilaunchingnya produk SHP ini dan BSN akan tetap mendukung dalam penyediaan standar-standar untuk mainan anak.

“Ini prestasi yang luar biasa karena sudah 7 kali, SHP meraih SNI Award. Karena biasanya, ketika sudah sekali meraih SNI Award, di tahun berikutnya untuk mempertahankan agak susah. Tetapi dengan diraihnya 7 kali SNI Award, itu menggambarkan bagaimana SHP tetap menjaga kualitas dan keamanan produk karena ini berhubungan dengan keselamatan anak-anak kecil,” ucap Mamung.

Dengan ber-SNI, Mamung berharap, mainan anak-anak buatan SHP dapat memberikan jaminan keamanan dan keselamatan anak-anak Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama PT. SHP, Hary Tio mengatakan, produk yang baru dilaunchingnya itu, merupakan produk buatan Indonesia.

“Kami berkolaborasi dengan Professional Drifter Indonesia yang dikenal dengan platform digital Garasi Drift yaitu Dipo Dwiki dan Ziko Harnadi,” ungkap Hary.

Melalui kolaborasi ini, SHP berhasil meluncurkan produk terbarunya yaitu ‘VOLTA5052 SKYLIGHT DRIFT SERIES’. Kehadiran produk ini untuk memberikan pengalaman keseruan mobil drifting kepada anak, dapat melatih kelincahan motorik dan sinergi emosi anak, meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak, serta mempererat interaksi anak dan orang tua.

“Inovasi produk ini merupakan inovasi terdepan di bidang mainan tunggang aki di Indonesia. Produk ini merupakan produk lokal mainan tunggang aki pertama yang di desain khusus sehingga bisa melakukan manuver drift dan diproduksi secara masal,” pungkasnya. (DNW)




­