Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN gelar kampanye kendaraan listrik di Yogyakarta

  • Kamis, 23 Februari 2023
  • 581 kali

 

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan menggelar kampanye kendaraan listrik dan pentingnya standardisasi dalam "Electric Vehicle Standards Expo (EVSE) 2023" di Jogja Expo Center (JEC) pada 12 sampai 14 Juli 2023.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN Zul Amri melalui keterangan diterima di Yogyakarta, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan BSN atas implementasi Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

"Momentum ini sekaligus BSN manfaatkan untuk menggaungkan pentingnya penerapan Standard Nasional Indonesia (SNI) pada produk di seluruh ekosistem kendaraan listrik, sehingga konsumen merasa aman dan nyaman untuk menggunakan kendaraan listrik," kata Zul.

Kegiatan kampanye kendaraan listrik dan pentingnya standardisasi, menurut dia, sudah pernah dilakukan BSN pada 2019 di Semarang, Jawa Tengah dan pada tahun 2021 di Bandung, Jawa Barat.

Pada kegiatan tersebut, BSN bersama-sama industri kendaraan listrik melakukan kegiatan konvoi dan pameran kecil berkeliling kota Semarang.

Namun, untuk kegiatan di Bandung, BSN melakukan pameran karena saat itu pandemi Covid-19 masih belum sepenuhnya kembali normal.

Kendati demikian, ia mengklaim kegiatan di dua wilayah tersebut telah memberikan dampak positif dengan menampilkan contoh-contoh produk kendaraan listrik.

Masyarakat juga mendapatkan pengalaman tentang kendaraan listrik atau dapat mencoba langsung produk yang dipamerkan.

"Pengunjung juga mendapatkan edukasi mengenai SNI melalui berbagai kegiatan seperti edu games dan talkshow," kata Zul.

Direktur Utama PT Fery Agung Corindotama M Ruslim yang dipercaya BSN sebagai kolaborator dalam melaksanakan kegiatan EVSE 2023 ini mengatakan, pihaknya merasa terhormat mendapatkan kepercayaan dari BSN ikut menyukseskan kegiatan tersebut.

"EVSE 2023 memiliki ciri khas tersendiri yang mana dalam pameran ini BSN juga mengampanyekan tentang pentingnya SNI pada EV kepada masyarakat,” ujar Ruslim.

Menurut Ruslim, kegiatan EVSE 2023 akan menjadi agenda EV yang menarik karena akan diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah nasional

tahunan yaitu "Government Procurement Forum and Expo (GPFE)" yang telah rutin diselenggarakan sejak 2016.

"Tahun kemarin peserta dan pengunjung GPFE mencapai tiga ribuan orang yang berasal dari pejabat pengadaan pemerintah pusat dan daerah. Jumlah ini tentunya akan menjadi potensi pengunjung di agenda EVSE 2023 juga," kata dia.

 

Pewarta: Luqman Hakim

Editor: Agus Salim

COPYRIGHT © ANTARA 2023

 

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/3409692/bsn-gelar-kampanye-kendaraan-listrik-di-yogyakarta