Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Berencana Kampanyekan Pentingnya Standarisasi Kendaraan Listrik di Indonesia

  • Rabu, 22 Februari 2023
  • Humas BSN
  • 197 kali

GridOto.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan menggelar kampanye serta edukasi mengenai pentingnya standarisasi kendaraan listrik, pada acara Electric Vehicle Standards Expo (ESVE), Rabu-Jumat (12-14/7/2023), di Jogja Expo Center, Yogyakarta.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan, dan kualitas produk melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) di kendaraan listrik.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri, mengatakan kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan BSN atas implementasi Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019.

"Selain itu, momentum ini sekaligus dimanfaatkan BSN untuk menggaungkan pentingnya penerapan SNI pada produk di seluruh ekosistem kendaraan listrik, sehingga konsumen merasa aman dan nyaman untuk menggunakan kendaraan listrik," ujar Zul dalam keterangan resminya, Rabu (22/2/2023).

Lanjut menurut Zul, kampanye mengenai kendaraan listrik dan pentingnya standardisasi ini sudah pernah dilakukan BSN di Semarang, Jawa Tengah pada 2019 lalu.

Kegiatan serupa juga pernah dilakukan di Bandung, Jawa Barat pada 2021.

Adapun kedua kegiatan tersebut diklaim telah memberikan dampak positif, yang mana pengunjung dapat melihat serta mencoba beberapa produk kendaraan listrik yang dipamerkan.

Sementara itu Direktur Utama PT Fery Agung Corindotama (Feraco), Muhammad Ruslim, selaku kolaborator acara ESVE 2023 mengatakan bahwa acara ini merupakan kegiatan penting untuk industri kendaraan listrik di Indonesia.

“EVSE 2023 memiliki ciri khas tersendiri yang mana dalam pameran ini, BSN juga mengkampanyekan tentang pentingnya SNI pada EV kepada masyarakat,” terang Ruslim.

Ruslim berharap, kegiatan ini dapat mencapai target maksimal dari masing-masing pihak yang terlibat.

"Semoga knowledge pengunjung terkait EV beserta ekosistem pendukungnya yang tersandardisasi bisa tercapai," tutupnya.

 

Sumber: https://www.gridoto.com/read/223703652/bsn-berencana-kampanyekan-pentingnya-standarisasi-kendaraan-listrik-di-indonesia?page=all