Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pemerintah Akan Mengetatkan Impor Jamu dan Kosmetik

  • Kamis, 28 Januari 2010
  • 1425 kali

Kliping Berita

Industri Jamu Nasional vs Jamu China 
 
JAKARTA. Keinginan produsen jamu agar pemerintah membatasi jamu dan kosmetik impor bakal terwujud. Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyatakan, kedua produk tersebut sudah masuk dalam usulan pemerintah tentang perubahan aturan Permendag 56/2008. Aturan ini mewajibkan beberapa produk hanya boleh masuk melalui pelabuhan tertentu. “Sekarang, sedang dalam proses di kantor Menko Perekonomian,” kata Mari.

Nantinya, kata dia, aturan Permendag 56/2008 tidak hanya mengatur lokasi pelabuhan, tapi juga soal kewajiban Laporan Surveyor (LS) kepada pemerintah. Isinya adalah laporan soal realisasi impor, baik jumlah maupun nilai produk, yang masuk.

Produsen jamu nasional menuding Pemerintah China menerapkan perlakuan tidak adil terhadap produk jamu asal Indonesia. Jamu China dapat melenggang dengan mudah ke Indonesia, tapi dengan berbagai dalih, di China, hal yang sama tak berlaku untuk jamu asal Indonesia.

Karenanya, produsen jamu nasional meminta pemerintah membatasi atau memperketat impor jamu asal China. Caranya, mereka meminta pemerintah segera menerapkan aturan standar nasional Indonesia (SNI) untuk jamu China. Selain itu, pemerintah harus mewajibkan industri jamu China yang ingin berdagang di pasar domestik menggunakan bahan baku asal Indonesia. "Ini akan menahan gempuran jamu China tersebut," kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha (GP) Jamu Charles Saerang, (27/1)

Asnil Bambani Amri, Raymond Reynaldi

Sumber : Kontan Online, Kamis 28 Januari 2010
Link : http://www.kontan.co.id/index.php/bisnis/news/28963/Pemerintah-Akan-Mengetatkan-Impor-Jamu-dan-Kosmetik-




­