Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kuliah Umum Standardisasi Mahasiswa UNSRI Secara Daring

  • Kamis, 16 Februari 2023
  • 1344 kali

Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang bekerja sama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Kuliah Umum dalam rangka kuliah perdana mata kuliah Standardisasi bagi mahasiswa Departemen Kimia UNSRI pada Rabu (15/2/2023) secara daring.

Kuliah umum ini diinisasi oleh Kepala Laboratorium Pengujian Terpadu (LPT) FMIPA yang juga merupakan Dosen Pengampu Mata Kuliah Standardisasi UNSRI, Dr. Suheryanto, M.Si. Suheryanto merupakan penerima anugerah tokoh standardisasi dalam gelaran Bulan Mutu Nasional 2022 di Palembang.

Dalam kuliah umum yang diikuti oleh 53 mahasiswa ini,  Suheryanto menyampaikan bahwa mahasiswanya wajib untuk mengikuti ujian standardisasi yang disediakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (Pusbang SDM SPK) BSN sebagai salah satu syarat untuk lulus ujian dari mata kuliah Standardisasi.

Sesi pertama diawali dengan paparan materi pengantar Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) oleh Juli Hadiyanto yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan website e-learning oleh Heri Kurniawan dari Pusbang SDM SPK BSN. Pada sesi berikutnya, Farida Pari dan Paradaisy Pidy Paragony dari Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi (HKLI) BSN memberikan paparan dan pengenalan aplikasi Portal SNI Corner serta sumber-sumber informasi SPK yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa UNSRI.

Kuliah online yang merupakan wujud nyata kerjasama antara BSN dan UNSRI ini berlangsung pada pukul 10.30 - 13.00 WIB dan terlaksana dengan lancar. Meskipun mata kuliah ini termasuk mata kuliah pilihan, namun antusiasme dari mahasiswa sangat tinggi. Suheryanto bersemangat menyebarkan pengetahuan terkait standardisasi kepada mahasiswanya. Beliau juga melibatkan BSN agar bersinergis dalam penyebarluasan literasi informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian. (Par,Pid)




­