Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Gelar Literasi Informasi di Universitas Udayana

  • Kamis, 16 Februari 2023
  • 1233 kali

Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi Badan Standardisasi Nasional (HKLI - BSN) bekerja sama dengan UPT Perpustakaan Universitas Udayana menggelar Literasi Informasi dalam rangka tindaklanjut Nota Kesepahaman antara BSN dan Universitas Udayana di Kampus Universitas Udayana, Denpasar, Bali, pada Selasa (14/2/2023). Acara dihadiri oleh seluruh Pustakawan dan pengelola Perpustakaan Universitas Udayana serta Duta Baca Universitas Udayana.

Kegiatan dibuka oleh Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum yang menyampaikan bahwa acara literasi ini digelar dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan, karena sebagai pustakawan wajib memiliki ilmu pengetahuan dan menyebarkan informasi mengenai standar yang dibutuhkan bagi dosen dan mahasiswa atau peneliti di Universitas Udayana. “Standardisasi ini dibutuhkan disegala sektor,” ungkapnya. 

Selanjutnya Koordinator Substansi Layanan Informasi dan Perpustakaan BSN, Minanuddin, menyampaikan bahawa Standar Nasional Indonesia (SNI) ini sebagai jembatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Literasi ini bisa dimanfaatkan bagi pustakawan, dosen, dan mahasiswa. SNI tersebut bukan hanya SNI produk namun masih banyak standar yang lain seperti standar manajemen, laboatorium, dan lain-lain.

Literasi informasi ini dimulai dengan paparan pertamanya oleh Subkoordinator Substansi Perpustakaan BSN, Firmansyah yang menyampaikan mengenai Perpustakaan BSN dan sumber referensi di kalangan pendidikan. Banyak sumber referensi yang bisa dimanfaatkan dikalangan dunia pendidikan. BSN banyak memiliki koleksi dokumen standar serta koleksi majalah.

Dalam paparan kedua, Seto Kuncoro dari Biro HKLI BSN, menyampaikan mengenai data penjualan di lingkup dunia pendidikan serta statistika kebutuhan standar di dunia pendidikan.

Paparan terakhir oleh Albi Kusuma dari Biro HKLI BSN yang menyampaikan tutorial penggunaan portal SNI Corner. Portal ini merupakan sarana dan prasarana untuk mencari sumber referensi yang telah disebutkan di paparan awal. SNI Corner merupakan wadah kegiatan saja dan bisa digunakan kegiatan lainnya.

Acara ini dimoderatori oleh Dwi Hery S. Saputro dari Biro HKLI BSN yang menyampaikan bahwa BSN banyak memiliki standar dan bisa menggunakan portal SNI Corner yang berada di UPT Perpustakaan Universitas Udayana sebagai sarana untuk mencari sumber informasi dan disampaikan bahwa BSN membuka pintu yang seluas-luasnya untuk mendapatkan informasi mengenai standardisasi dan penilaian kesesuaian.Peserta menyambut dengan antusias dengan diskusi interaktif dengan para narasumber. (LIP)

Galeri Foto: BSN Gelar Literasi Informasi di Universitas Udayana