Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Akreditasi Laboratorium Pengujian Agen Pengendali Hayati

  • Kamis, 26 Januari 2023
  • 1429 kali

Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyerahkan sertifikat akreditasi kepada Laboratorium UPTD Balai Proteksi Tanaman Pertanian (BPTP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Kamis (19/1/2023) di Kantor UPTD BPTP, Gesikan, Wijirejo, Pandak, Bantul, DIY. Sertifikat tersebut diberikan atas keberhasilan Laboratorium UPTD BPTP DIY di dalam memenuhi standar persyaratan kompetensi laboratorium, yaitu SNI ISO/IEC 17025, yang merupakan persyaratan akreditasi KAN.

Sertifikat akreditasi diserahkan langsung oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Sugeng Purwanto, yang kemudian diserahkan kepada Kepala UPTD BPTP DIY, Suharto Budiyono. Acara ini juga disaksikan oleh Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Ditjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Muhammad Takdir Mulyadi, serta seluruh pegawai UPTD BPTP DIY.

Dalam arahannya, Kukuh menyampaikan bahwa perolehan status akreditasi dari KAN adalah bukti bahwa Laboratorium UPTD BPTP DIY telah memenuhi 3 kata kunci penting, yaitu kompeten, konsisten dan imparsial.

“Jadi Laboratorium UPTD BPTP DIY telah dibuktikan mempunyai kompetensi sesuai SNI ISO/IEC 17025 yang diadopsi dari standar internasional, kemudian konsisten dalam mengerjakan kegiatan pengujian di laboratorium karena sudah dipandu dengan pedoman, prosedur, tata cara dan lain-lain yang sudah dibakukan serta bekerja secara imparsial atau obyektif”, ujar Kukuh.

Dengan diakreditasinya Laboratorium UPTD BPTP DIY untuk pengujian Agen Pengendali Hayati (APH), diharapkan dapat lebih memberikan jaminan kepada para petani atas efektivitas APH dalam mencegah dan mengendalikan serangan hama dan penyakit tanaman secara alami. Pada gilirannya, pemanfaatan APH diharapkan dapat benar-benar meningkatkan produktivitas (panen) hasil pertanian yang sekaligus juga menekan biaya produksi para petani. (KSA)

Galeri Foto: Akreditasi Laboratorium Pengujian Agen Pengendali Hayati