Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peningkatan Daya Saing Nasional Kata Kunci IKU BSN Tahun 2023

  • Selasa, 24 Januari 2023
  • 623 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) jadikan Peningkatan Daya Saing Nasional sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU) Tahun 2023. Seluruh Pimpinan Tinggi BSN, baik Utama, Madya, maupun Pratama perlu mulai melaksanakan program-program strategis BSN di Bulan Januari 2023 ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad saat memberikan arahan pada kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2023 pada Selasa (24/1/2023) di Gedung 2 Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, Puspiptek Serpong - Tangerang Selatan. 

Dalam acara, ditandatangani perjanjian kinerja oleh seluruh Pimpinan BSN untuk mengawali kegiatan dan menjadi fokus BSN sepanjang tahun 2023. Tahun 2023 ini merupakan tahun ketiga Rencana Strategis (Renstra) BSN 2020 - 2024, dan seluruh Pimpinan BSN bersepakat indikator kinerja BSN tetap konsisten sampai berakhirnya Renstra 2024.

"Meningkatnya jumlah penerap Standar Nasional Indonesia (SNI) serta jumlah SNI yang diterapkan adalah IKU BSN tahun ini. Output, outcome, impact BSN tidak hanya bertujuan untuk peningkatan daya saing nasional, namun juga melindungi dari aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, serta pelestarian fungsi lingkungan hidup," jelas Kukuh. 

Sementara itu Plt. Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo dalam kesempatan tersebut menerangkan, IKU Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya BSN tersusun dari sasaran kegiatan IKU JPT Pratama BSN. JPT Pratama BSN menentukan keluaran atau output apa saja yang perlu dihasilkan oleh timnya. 

Selain yang berkaitan dengan SNI, Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Hukum BSN, Singgih Harjanto menjelaskan bahwa Indeks Reformasi Birokrasi BSN, Indeks Profesionalitas ASN BSN, serta Indeks Sistem Merit BSN juga menjadi indikator positif yang diberikan BSN kepada masyarakat.

Semoga dengan komitmen ini BSN dapat terus memperluas penerapan SPK dan meningkatkan daya saing nasional. (PjA - Humas/red:arf) 

 

Galeri Foto: Peningkatan Daya Saing Nasional Kata Kunci IKU BSN Tahun 2023