Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Raih Penghargaan di Ajang SNI Award 2022

  • Kamis, 08 Desember 2022
  • Humas BSN
  • 415 kali

NP — PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok dinilai sebagai salah satu dari 56 (lima puluh enam) perusahaan dan organisasi, yang telah berhasil menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten dengan kinerja unggul dan berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Demikian informasi yang diterima, melalui keterangan tertulis, pada Kamis (8/12).

Dalam keterangan tersebut dijelaskan, pada ajang SNI Award 2022, yang diselenggarakan belum lama ini, tepatnya hari Rabu 30 Nopember 2022 di Ruang Auditorium Sumitro Djojohadikusumo Gedung BJ. Habibie Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) Jakarta, PT Pelindo Regional 2  Tanjung Priok berhasil meraih  penghargaan dengan peringkat Perak dalam kategori “Organisasi Besar Jasa Lainnya”.

Penghargaan SNI Award diserahkan langsung oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad kepada DGM Kepatuhan Bisnis PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, Denny Sondjaja.

Lebih jauh dijelaskan, SNI Award adalah sebuah ajang penganugerahan, yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) sejak tahun 2005, yang mana SNI Award 2022 ini merupakan  penyelenggaraan yang ke-17 kalinya.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan dan organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten dengan kinerja unggul dan berkelanjutan. Profil dan kisah sukses para peraih SNI Award tersebut diharapkan dapat menjadi role model bagi perusahaan dan organisasi lainnya untuk dapat meningkatkan kualitas produk maupun layanan melalui penerapan SNI sehingga dapat meningkatkan penerapan SNI oleh perusahaan dan organisasi lebih luas lagi.

Sebanyak 56 organisasi menerima penghargaan yang terdiri dari peringkat Platinum, Emas, Perak, dan Perunggu yang meliputi 14 kategori. yaitu Organisasi Mikro Jasa; Organisasi Kecil Jasa; Organisasi Menengah Jasa Lainnya; Organisasi Besar Jasa Lainnya; Organisasi Mikro Barang; Organisasi Kecil Barang; Organisasi Menengah Produk Sektor Agro dan Pariwisata; Organisasi Menengah Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika; Organisasi Menengah Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral; Organisasi Besar Produk Sektor Agro dan Pariwisata; Organisasi Besar Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika; Organisasi Besar Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral; Organisasi Pendidikan Dasar dan Menengah; serta Organisasi Pendidikan Tinggi.

Dijelaskan juga, para nominator SNI Award tersebut telah lolos seleksi, yang mana penyeleksian  dilakukan secara ketat dengan dinilai oleh 18 Dewan Juri yang sangat kompeten. Bertindak sebagai Ketua Dewan Juri adalah Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, M. Arsjad Rasjid P.M, dan Direktur Eksekutif PPM Manajemen, Bramantyo Djohanputro. Sementara sebagai Wakil Ketua Dewan Juri; Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah serta Sekretaris Dewan Juri dan  15 orang juri lainnya masing-masing terdiri dari perwakilan instansi pemerintah, asosiasi industri, media, masyarakat, serta Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK).

BSN berharap, dengan semakin banyaknya perusahaan dan organisasi yang menerapkan SNI maka akan menaikkan “value added” di pasar, dan kepercayaan masyarakat juga akan meningkat. Tidak hanya skala perusahaan dan organisasi besar saja yang menerapkan standar SNI, namun banyak perusahaan dan organisasi mikro dan kecil juga yang telah menerapkannya.

Sementara itu, seiring dengan fokus PT Pelabuhan Indonesia (Persero), khususnya Regional 2 Tanjung Priok, akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, dan fasilitas sehingga semakin sesuai dengan Standar Nasional Indonesia sesuai dengan yang diharapkan. (ire djafar)

Tautan Artikel:  Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Raih Penghargaan di Ajang SNI Award 2022