Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rampungkan Program Internship di Laboratorium SNSU, Tim IQTL Tuai Banyak Manfaat

  • Jumat, 16 Desember 2022
  • Humas BSN
  • 1109 kali

 

Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi, dan Biologi (SNSU MRB) Badan Standardisasi Nasional (BSN), Wahyu Purbowasito menutup program internship yang telah diikuti oleh tim dari Institute for Quality of Timor Leste (IQTL) di Kantor BSN Serpong pada Jumat (16/12/2022). Program internship yang diikuti oleh 6 pegawai IQTL ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang telah dijalin antara BSN dan IQTL di bidang standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi.

 

Program internship telah dimulai dari tanggal 11 November hingga 16 Desember 2022 dan dilangsungkan di 9 Laboratorium SNSU BSN. Laboratorium tersebut adalah Laboratorium Biologi, Laboratorium Akustik dan Vibrasi, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fotometri dan Radiometri, Laboratorium Waktu dan Frekuensi, Laboratorium Massa, Laboratorium Kelistrikan, Laboratorium Suhu, dan Laboratorium Panjang.

 

Selama kurang lebih satu bulan, tim dari IQTL mendapatkan pelatihan mengenai metrologi secara langsung oleh personel dari masing-masing laboratorium. Mereka juga merasakan pengalaman untuk kerja praktik di laboratorium-laboratorium tersebut.

 

Acara penutupan dimulai dengan presentasi dari tim IQTL tentang apa yang telah mereka dapatkan selama satu bulan ini. Dilanjutkan dengan sesi pemberian feedback oleh masing-masing Kepala Laboratorium SNSU. Para Kepala Laboratorium turut memberikan apresiasi positif kepada para peserta, karena telah mampu menyelesaikan program internship dan mempresentasikannya dengan baik, serta memiliki pemahaman secara umum yang baik pula terhadap metrologi.

 

Selain memberikan presentasi, tim IQTL juga menyampaikan pesan dan kesan mereka terhadap program ini. "Terima kasih kepada seluruh personel yang telah meluangkan waktu, meskipun sibuk namun tetap dengan semangat memberikan materi kepada kami dan menjelaskan tentang metrologi," ujar Cristino, salah satu peserta program internship dari IQTL. "Kami mendapatkan banyak manfaat, terutama ilmu dan pengetahuan, serta gambaran agar bisa membangun sistem dengan baik dan benar di Institusi IQTL" lanjutnya.

 

Sementara itu, Direktur SNSU MRB, Wahyu Purbowasito menyatakan dalam closing statement-nya bahwa BSN dengan sangat terbuka akan siap membantu dalam proses pembangunan infrastruktur mutu di Timor Leste.

 

"Di tahun 2015, kami telah ke Timor Leste untuk memulai pembicaraan mengenai kerjasama dengan IQTL tentang apa yang bisa kita bina terkait standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi. Terima kasih juga telah mempercayakan kepada BSN, dan kami sangat terbuka jika IQTL memerlukan tindak lanjut misalnya dengan pelatihan terkait dengan standar-standar, seperti ISO 17025 ataupun ISO 9001. Saya berharap tim dari IQTL bisa mengambil yang baik-baik dari sini untuk dikembangkan di sana" pungkasnya. (BHR - SNSU MRB/ed:Humas)