Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Indonesia ikut hingga puncak rangkaian sidang IEC GM ke-86 tahun 2022

  • Selasa, 08 November 2022
  • Humas BSN
  • 885 kali

 

Sidang tahunan IEC General Meeting (GM) kembali digelar oleh International Electrotechnical Commission (IEC) pada tanggal 31 Oktober – 4 November 2022 di San Fransisco, Amerika Serikat secara tatap muka setelah sebelumnya ikut terdampak Pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir.

Sidang yang telah dihadiri lebih dari 2000 delegasi dari berbagai negara anggota tersebut diselenggarakan oleh The United States National Committee of the IEC. “Hajatan IEC” ini merupakan pertemuanya ke-86 dan ke – 6 untuk Amerika serikat menjadi tuan rumahnya.

Rangkaian pertemuan dilaksanakan mulai dari pertemuan teknis di Technical Committee (TC) IEC sejak tanggal 24 Oktober 2022 hingga tanggal 4 November 2022 dan pertemuan Manajemen IEC sejak tangal 31 Oktober 2022 hingga tanggal 5 November 2022.

Rangkaian pertemuan diantaranya : Standardization Management Board (SMB), Conformity Assessment Board (CAB), IEC Young Profesional (YP) Workshop, IEC Forum, Asia Pasific Cooperation Forum (APCF), National Commiittee President Forum,  Affiliate Forum, ICES Conference, Conference on the MSB, IEC UN SDGs International Roundtable dan di hari terakhir adalah General Assembly yang merupakan pertemuan puncak mengenai keputusan-keputusan rangkaian pertemuan tersebut termasuk penyelenggaraan pemilihan sebelumnya di keanggotaan manajemen IEC serta diakhiri dengan General Meeting Open Session dengan tema Building an active and sustainable IEC Community: Engaging and supporting inclusive participation in the IEC.

Delegasi Republik Indonesia (Delri) dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Drs. Kukuh S. Achmad yang juga merupakan Ketua Komnas IEC Indonesia dengan didampingi oleh Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Elektroteknika, Energi, Transportasi, dan Teknologi Informasi (MEETTI) BSN, Y. Kristianto Widiwardono yang juga merupakan Ketua Kelompok Kerja Pengelola Pengembangan Standar dan Strategi Pasar (PPS&SP), dan juga ikut mendampingi Analis Standardisasi Bidang Elektroteknika BSN selaku Sekeratriat Komnas IEC Indonesia, Fery Kurniawan serta 2 peserta dari PT. PLN yang ikut sebagai IEC YP 2022 yang diharapkan menjadi generasi penerus sebagai tenaga ahli bidang kelistrikan/IEC kedepannya.

Kehadiran Indonesia di pertemuan tersebut merupakan bentuk komitmen keaktifan keanggotaan Indonesia di IEC dan sebagai salah satu negara full member.

Di sela-sela rangkaian acara IEC GM, Delri juga melakukan pertemuan Bilateral dengan delegasi Australia, pertemuan dilaksanakan pada hari kedua, Pembahasan yang dilakukan ialah terkait rencana usulan proyek Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian di bidang pertambangan.

Proyek ini merupakan inisiatif Standard Australia (SA) yang rencana kedepannya akan dilakukan oleh SA dan BSN, hal ini juga untuk diketahui dan dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Pada hari ke-4 (3/11/2022), Delri melakukan Pertemuan Bilateral dengan delegasi Singapore, dalam pertemuan membahas beberapa isu, diantaranya : Sustainability, Digitalisasi dan Halal, Kedua belah pihak masing-masing dimulai dengan perkenalan dan kemudian memberikan update terhadap isu-isu tersebut, dari ketiga isu tersebut, Singapore lebih banyak menanyakan tentang isu halal di Indonesia terkait dengan proses standardisasi dan sertifikasinya.

Pada hari terkahir (4/11/2022), di rangkaian sidang tersebut, diselenggarakan General Assembly yang sebelumnya dinamakan Council Statutory. Council merupakan badan tertinggi di struktur IEC yang beranggotakan Presiden dari semua Full Member NC, IEC officers dan Presiden IEC sebelumnya, serta anggota Council Board (CB). Pertemuan Council dilaksanakan paling tidak satu kali setahun pada hari terakhir IEC General Meeting. Presiden dari NC Full Member mempunyai hak voting, dengan satu vote per negara. Presiden dari Associate Member National Committees bukan anggota Council, namun diharapkan juga dapat hadir dalam forum sebagai Observer.

Indonesia dihadiri oleh Kepala Kepala BSN, Kukuh S. Achmad selaku Ketua Indonesia NC, yang didampingi oleh Direktur Pengembangan Standar MEETTI-BSN, Y. Kristianto Widiwardono dan Sekretariat Komnas IEC, Fery Kurniawan.

Dalam setiap pertemuannya, Council menetapkan kebijakan, strategi dan keuangan IEC. Council mendelegasikan pengelolaan pekerjaan IEC kepada Council Board (CB), dengan tanggung jawab meliputi standar, penilaian kesesuaian dan market strategy ditangani oleh Standardization Management Board (SMB), Conformity Assessment Board (CAB) dan Market Strategy Board (MSB). Pelaporan disampaikan kepada Council dalam forum General Assembly.

Pertemuan di IEC GM ke-86 ini dihadiri 88 Komite Nasional (NC). Dalam agendanya, dimulai dengan pembukaan oleh Presiden IEC yang mengucapkan selamat datang di acara tersebut, berikutnya matters arising/adopsi agenda. Council juga menyetujui Future President IEC-2023-2025, IEC finance committee, CAB Chair & IEC Vice President, SMB Members, Council Board members dan CAB members.

Laporan aktifitas IEC tahun 2022 oleh Secretary General of IEC terkait Reliable and efficient, Customer Focus, Transparency, Clarity, Querterly NC Web Forums, Access and Participation, Sales Advisory Group, IEC CO Sales, Sales by Channels, IT ITAG, IT, IEC/ISO Collaboration, Partnering with many, Masterplan Mplementation Plan, Implementation Process, Masterplan Communication, IEC CO – Delivering more to You, Regional Centres, IEC Family:171 Countries, Affiliate Country Programme, New Affiliate Leader, Finland IEC NC brand, Chile IEC NC Brand, US IEC NC Brand, Raising the profile of the IEC, IEC Ambassadirs, IEC Academy, 2022 YP Programme, 2022 Objectives, IEC CA Systems, TC/SC Leadership, Underpinning modern life.

Sekjen IEC mengumumkan rencana pertemuan selanjutnya (IEC GM 87) yang akan diselenggarakan di Sharm El Sheikh, Mesir pada 21-25 Oktober 2023. Mesir NC langsung mengundang kepada peserta Council untuk dapat menghadiri sidang IEC GM selanjutnya tersebut. Sedangkan konfirmasi untuk menjadi tuan rumah selanjutnya adalah Inggris (2024), Israel (2025) dan Jerman (2026). (Fery)

 

Galeri Foto: Delri Mengikuti Sidang IEC GM Ke-86 Tahun 2022