Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN bersama Sekjen ISO Jelajahi Kekayaan Nusantara, Perkuat Standardisasi CHSE

  • Senin, 24 Oktober 2022
  • 818 kali

Sekretaris Jenderal International Organization for Standardization (ISO), Sergio Mujica dalam kunjungannya ke Indonesia berkesempatan untuk mengeksplorasi keragaman budaya serta perkembangan sektor pariwisata dengan penerapan standarnya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta bersama Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad pada Selasa (18/10/2022).

BSN sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang bertanggung jawab penuh di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Indonesia, mendukung penuh penerapan standar Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE), sebagaimana yang telah dijalankan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) selaku Pengelola TMII.

"BSN mendukung penuh PT TWC TMII untuk menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait kebersihan, kesehatan, keamanan dan lingkungan yang hijau yang terus dikampanyekan di berbagai destinasi wisata Indonesia sebagaimana yang diprogramkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno," terang Kukuh S. Achmad saat menyampaikan apresiasinya kepada Manajemen PT TWC TMII di Anjungan Jawa Tengah.

"Sektor pariwisata menjadi andalan untuk menghasilkan devisa negara setelah sektor migas," pungkasnya.

Senada dengan hal tersebut, Sergio Mujica yang sangat antusias selama kunjungan ke TMII mengutarakan agar Standardisasi dapat dipahami lebih baik lagi,  hal ini sangat diperlukan untuk merespon berbagai tantangan dunia yang mengemuka hari ini dan masa depan.

Berbicara mengenai tantangan global, khususnya pariwisata, PT TWC TMII ingin bekerja sama dengan BSN secara berkelanjutan, dan saat ini PT TWC TMII sudah menerapkan dan terus berkomitmen untuk menerapkan SNI CHSE, ungkap Executive Vice President PT TWC TMII, Emiliana Eni Utari.

Pada kunjungan ke TMII kali ini, Sekretaris Jenderal ISO beserta rombongan BSN termasuk Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo; Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Arini Widyastuti dan Manajemen PT TWC TMII berkesempatan untuk mengunjungi Anjungan Sumatera Barat, Anjungan Papua, Museum Batik, serta Anjungan Jawa Tengah. (PjA - Humas/Red: Arf)

 

Galeri Foto: Kepala BSN bersama Sekjen ISO Jelajahi Kekayaan Nusantara, Perkuat Standardisasi CHSE




­