Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Audiensi Kepala BSN dengan Sekjen ISO, Bahas Program Pengembangan Standar

  • Selasa, 18 Oktober 2022
  • 582 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad didampingi pejabat tinggi madya dan pratama BSN menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Organisasi Standar Internasional (International Organization for Standardization/ISO), Sergio Mujica, di kantor BSN, Jakarta, Senin (17/10/2022). Dalam kesempatan ini, Sergio menjelaskan secara singkat tentang organisasi ISO dan project terbaru yang sedang dikembangkan oleh ISO.

“ISO bukanlah organisasi standar dari Jenewa. Tapi ISO adalah sebuah sistem, sebuah keluarga besar  pengembang standar dari berbagai negara,” ujar Sergio. Ia pun menyatakan bahwa standar yang disusun oleh anggota ISO dapat diterapkan oleh siapapun. “Kami mengembangkan standar untuk membuat hidup menjadi lebih mudah, lebih aman,dan lebih baik,” tegasnya.

Sergio memaparkan bahwa ISO memiliki 2 project utama, yaitu ISO SMART dan Sustainability. “Banyak orang mengira, program ISO SMART hanya terbatas pada IT. Tapi kenyataan tidak demikian. ISO SMART adalah tentang proses bekerja yang baru,” terang Sergio.

Sergio pun mengapresiasi langkah BSN yang menginisiasi Program Generasi Penerus Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) sebagai langkah regenerasi dalam menciptakan generasi muda yang kompeten di bidang SPK. “Ini adalah contoh program yang dapat kami adopsi di ISO, sehingga nantinya para anggota komite teknis diisi oleh para pemuda” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kukuh menegaskan bahwa Indonesia melalui BSN berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan standar internasional. Saat ini, BSN tergabung dalam 101 Technical Committee sebagai participating (P) member, dan tergabung dalam 186 Technical Committee sebagai observing (O) member. Selain itu, BSN juga aktif dalam 3 Policy Development Committee, yakni ISO/DEVCO, ISO/COPOLCO, dan ISO/CASCO. (ald-Humas/Red: Arf)




­