Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Waspada Bahaya Kebakaran, Ini Pentingnya Alat Pemadam Api ber-SNI

  • Senin, 15 Agustus 2022
  • Humas BSN
  • 446 kali

 

Bencana kebakaran dapat menimbulkan kerugian besar, baik korban jiwa maupun kerugian materiil. Untuk meminimalisir kerugian saat terjadi kebakaran, masyarakat dapat menggunakan alat pemadam api portable. Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 180-1:2022 Alat Pemadam Api Portabel (APAP) – Bagian 1: Syarat mutu.

Deputi Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo menuturkan, orientasi standar merupakan hal yang sangat penting, terutama bila terkait Keamanan, Kesehatan, Keselamatan, dan Pelestarian Lingkungan Hidup (K3L). “Jangan sampai ketika terjadi kebakaran, alat pemadam api ringan yang digunakan tidak berfungsi karena tidak memenuhi standar,” ujarnya saat mengisi talkshow di booth PT Servvo Fire Indonesia dalam pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2022 (GIIAS) di, BSD City, Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Dalam kesempatan ini, Hendro mengapresiasi komitmen PT Servvo Fire Indonesia yang telah menerapkan SNI untuk produk alat pemadam api ringan (APAR). Tidak hanya itu, PT Servvo Fire Indonesia juga telah meraih penghargaan SNI Award dari BSN karena secara manajemen telah terbukti berkomitmen untuk menerapkan standar. “Dengan ber-SNI, maka kualitas produk apar akan sesuai dengan kebutuhan, tujuan dari penggunaan alat tersebut,” tutur Hendro.

Selain SNI untuk produk APAP, BSN juga telah menetapkan SNI 7053:2022 Mobil pompa pemadam kebakaran. Dalam pameran GIIAS, Hendro pun mengunjungi booth PT Pundarika Atma Semesta, produsen mobil pemadam kebakaran. Perusahaan yang telah merintis bisnis sejak tahun 1996 ini juga bertindak sebagai distributor peralatan pemadam kebakaran dan safety di Indonesia.

Kunjungan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari proses melihat kesiapan industri dalam negeri untuk memproduksi APAP dan mobil pompa pemadam kebakaran yang sesuai dengan SNI. Melihat antusias pelaku usaha dalam mengikuti acara GIIAS, diharapkan pelaku usaha juga telah siap menerapkan SNI khususnya di bidang pemadam kebakaran. (Dit.IPPE/ed:Humas)

 

Link talkshow: https://www.youtube.com/watch?v=T7Srd19gcbg