Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rencana Pembentukan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian

  • Sabtu, 23 Juli 2022
  • 4146 kali

Deputi Bidang Pengembangan Standar Badan Standardisasi Nasional (BSN), Hendro Kusumo melakukan audiensi ke Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian pada Kamis (21/7/2022) di Kantor Balitbangtan Kementan, Jakarta.

Saat ini Balitbangtan tengah mempersiapkan untuk pembentukan badan baru, yaitu Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (Badaristan). Kunjungan Hendro kali ini dalam rangka mendiskusikan lebih lanjut terkait persiapan pembentukan Badaristan tersebut dengan Balitbangtan.

Kepala Balitbangtan Kementan, Fadjry Djufry memaparkan, nantinya Badaristan akan bertugas menyelenggarakan koordinasi, perumusan, penerapan, dan pemeliharaan, serta harmonisasi standar instrumen di bidang pertanian. Hal ini telah dituangkan dalam draft Peraturan Presiden yang mengatur pembentukan Badaristan.

Dalam kegiatan penetapan standar, Badaristan nantinya akan bekerja sama dengan BSN.  Adapun output yang dihasilkan Badaristan yaitu tersedianya standar instrumen pertanian yang dimanfaatkan untuk pembangunan pertanian dan terjaminnya mutu dan keamanan pangan segar yang diedarkan di dalam negeri dan ekspor.

Menanggapi hal tersebut, Hendro mengatakan bahwa perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut terkait dengan kegiatan perumusan standar, salah satunya terkait pengelolaan Komite Teknis di lingkup pertanian.  Kemudian juga terkait Standar Nasional Indonesia (SNI) lingkup pertanian yang diberlakukan wajib dan pengelolaan Codex Committee lingkup pertanian.

Lebih lanjut, Hendro juga meminta Badaristan untuk berdiskusi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dalam pengaturan kewenangan dalam kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian di sektor pertanian dari hulu ke hilir. Dengan dibentuknya Badaristan ini, Hendro berharap dapat mendukung perbaikan tata kelola pertanian melalui standardisasi untuk penguatan daya saing nasional. 

Dalam kunjungannya, Hendro didampingi Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan dan Halal BSN, Heru Suseno dan Koordinator Kelompok Substansi Pengembangan Standar Pertanian dan Halal BSN, Singgih Harjanto. (Tyo-Humas/Red: Arf)

 

Galeri Foto: Rencana Pembentukan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian




­