Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KAN Council Bahas Penggabungan Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Berbasis SNI ISO/IEC 17065:2012

  • Rabu, 20 Juli 2022
  • 1444 kali

Komite Akreditasi Nasional (KAN) kembali melangsungkan Rapat KAN Council pada Rabu (20/7/2022). Rapat yang berlangsung secara online ini dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad. Rapat diikuti oleh anggota KAN Council terdiri atas beberapa pemangku kepentingan akreditasi, baik perwakilan dari pemerintah, industri, asosiasi, professional, pakar atau akademisi.

KAN Council membahas reviu rapat KAN Council sebelumnya, pengambilan keputusan akreditasi terhadap 40 berkas pengajuan akreditasi, baik laboratorium, lembaga sertifikasi, dan lembaga inspeksi, serta membahas agenda lainnya yang menjadi perhatian bersama.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KAN, Kukuh S. Achmad juga memperkenalkan salah satu anggota KAN Council baru, yaitu Kepala Pusat Fasilitasi Penerapan Standar Instrumen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Yeri Permatasari.

Agenda lain yang dibahas pada pertemuan ini diantaranya mengenai kebijakan transisi penggabungan skema akreditasi lembaga sertifikasi produk, proses, dan jasa berbasis SNI ISO/IEC 17065:2012 untuk kema akreditasi Lembaga sertifikasi produk, organik, ecolabel, halal, dan usaha pariwisata. Kelima skema ini digabungkan ke dalam satu skema yang disebut skema akreditasi berbasis SNI ISO/IEC 17065.

Selain itu, KAN Council juga membahas beberapa proses akreditasi ulang kepada LSSM dan LSSML yang tidak dapat diberikan karena witness yang tidak dapat dilakukan sesuai dengan time frame, permintaan pemutakhiran ruang lingkup, pengurangan ruang lingkup, dan witness siklus LSSML.

Rapat KAN Council berikutnya diagendakan pada 24 Agustus 2022. (Put – Humas/Red: Arf)




­