Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rapat KAN Council Mulai Hybrid

  • Rabu, 22 Juni 2022
  • 431 kali

Komite Akreditasi Nasional (KAN) Council yang keanggotaannya mewakili pemerintah, kalangan industri, asosiasi, profesional, dan pelanggan secara rutin menyelenggarakan rapat minimal satu kali setiap bulan. Rapat KAN Council membahas permasalahan terkini terkait dengan akreditasi di Indonesia.

Pada Juni 2022 ini, KAN masih mulai melakukan uji coba Rapat KAN Council secara hybrid (kombinasi tatap muka dan online), yang dilangsungkan di Gedung Kemenko Marves, Thamrin, Jakarta pada Rabu (22/06/2022). Rapat dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad.

Rapat terbagi menjadi dua agenda utama, yaitu pengambilan keputusan akreditasi serta agenda lain-lain yang terkait tindak lanjut rapat sebelumnya maupun beberapa hal yang perlu disepakati.

Rapat diawali beberapa update informasi. Pertama, terkait peringatan Hari Akreditasi Dunia (9 Juni) yang oleh BSN diperingati di Bali pada tanggal 16 Juni 2022. Acara tersebut merupakan temu teknis dengan LPK dan talkshow terkait Sustainability in economic growth and environment dan circular economy yang dihadiri oleh tamu secara fisik maupun secara daring dengan total undangan yang hadir sekitar 1600 peserta.

Update kedua, KAN kembali mendapatkan penambahan dua pengakuan internasional melalui MRA APAC pada Juni 2022. Pertama, KAN mendapatkan pengakuan terhadap pengelolaan skema akreditasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Artinya, akreditasi terhadap Lembaga Sertifikasi SMAP berdasarkan SNI ISO 37001:2016 sekarang sudah diakui secara internasional.

Selain itu, KAN juga mendapatkan pengakuan terhadap skema akreditasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja berdasarkan SNI ISO 45001:2018. Hingga saat ini, sudah ada 16 skema akreditasi KAN yang diakui secara internasional dari 34 skema yang dioperasikan.

Dalam agenda utama, KAN Council mengambil keputusan akreditasi laboratorium untuk sebanyak 26 laboratorium, Lembaga Sertifikasi dan Lembaga Inspeksi. KAN Council juga membahas beberapa hal lain, di antaranya terkait pencabutan akreditasi beberapa ruang lingkup kepada 3 (tiga) LSPro, serta permohonan akreditasi dari LPK di Iran (ISO 17025) dan Uzbekistan (ISO 17065).

Rapat KAN Council berikutnya kembali diagendakan untuk berlangsung secara hybrid pada tanggal 20 Juli 2022. (Put – Humas/Red: Arf)




­