Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

UGM Sambut BSN, Gelar Acara Diskusi Secara Daring

  • Selasa, 31 Mei 2022
  • 703 kali

 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan diskusi dalam rangka monitoring dan evaluasi SNI Corner secara daring pada senin (30/5/2022). Biro Hubungan Masyarakat, Kerjasama dan Layanan Informasi BSN menginisiasi kegiatan tersebut sebagai wadah untuk menggali informasi pemanfaatan SNI Corner di UPT Perpustakaan Pusat UGM.

Kepala UPT Perpustakaan Pusat UGM, Nawang Purwanti mengungkapkan bahwa selama ini SNI Corner di UGM dimanfaatkan dengan baik oleh Mahasiswa namun masih kurang optimal dalam pemanfaatannya oleh masyarakat umum. Banyak kegiatan yang dapat dinaungi oleh perpustakaan melalui wadah SNI Corner seperti pelatihan-pelatihan yang menghasilkan sertifikat pendamping ijasah bagi mahasiswa. Selain itu juga kegiatan bedah standar tertentu dengan menghadirkan narasumber dari UGM dan BSN.

Dalam waktu dekat BSN dan UGM berencana akan menyelenggarakan sosialisasi/literasi informasi kepada pustakawan UGM yang berjumlah 80 orang. Kepala Bidang Database dan Jaringan UPT Perpustakaan UGM, Arif Surachman menginginkan adanya kegiatan rutin yang dapat diselenggarakan guna menambah informasi update mengenai Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Diakhir acara, Koordinator Kelompok Substansi Layanan Informasi dan Perpustakaan BSN, Minanuddin menjelaskan bahwa dengan SNI Corner kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi mengenai Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. Menanggapi pertemuan yang digagas Arif, Minanuddin akan memfasilitasi kegiatan tersebut secara rutin dengan mengundang 32 mitra Kerjasama SNI Corner di seluruh Indonesia secara daring.

Untuk pelatihan, UGM bisa memanfaatkan pelatihan yang disediakan oleh BSN secara online melalui website pelatihan BSN. Hal ini guna memanfaatkan teknologi dan tidak mengurangi azas manfaat dari pertemuan tersebut.

Kegiatan diskusi juga dihadiri oleh Subkoordinator Layanan Informasi dan Pengaduan Masyarakat, Dwi Hery dan staf Layanan Informasi dan Pengaduan Masyarakat BSN serta jajaran UPT Perpustakaan UGM.

Diakhir diskusi, UGM akan melanjutkan kembali perjanjian kerja sama dengan BSN di bidang Penyebarluasan dan Pemanfaatan Informasi melalui SNI Corner dan dilakukan literasi informasi kepada Pustakawan dan selanjutnya mahasiswa. (DWI/IND/AKH)


 




­