Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Serahkan Sertifikat Pemenang Kompetisi Standardisasi Nasional 2021

  • Rabu, 15 September 2021
  • Humas BSN
  • 1496 kali

Pada Agustus lalu, tim pelajar dari Indonesia berhasil meraih Platinum Prize dan Silver Prize di ajang Olimpiade Standar Internasional ke-16. Tim yang dikirim dalam kompetisi tersebut merupakan hasil seleksi dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui kegiatan Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) 2021 yang diselenggarakan pada April – Juni 2021.

Tim yang berhasil menjadi juara Kompetisi Standardisasi Nasional 2021, yaitu Tim N. Everrest dari MAN Insan Cendikia Gorontalo, Tim Luminous dari SMA Katholik St. Louis 1 Surabaya, serta Tim Grape Cubes dari SMA Katholik St. Louis 1 Surabaya. Tim N. Everrest dari MAN Insan Cendikia Gorontalo berhasil meraih Platinum Prize yang merupakan penghargaan tertinggi di ajang tersebut. Adapun Tim Grape Cubes dari SMA Katholik St. Louis 1 Surabaya berhasil menyabet Silver Prize.

Sebagai bentuk apresiasi, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad menyerahkan sertifikat pemenang Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) dan Olimpiade Standar Internasional 2021 yang dilakukan secara daring pada Rabu (15/09/2021).

“Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat atas keberhasilannya menjadi pemenang dalam Kompetisi Standardisasi Nasional tahun 2021, yang kemudian juga mewakili dan mengharumkan nama Indonesia pada Olimpiade Standar tahun 2021. Dimana tim N.Everrest telah meraih penghargaan tertinggi yaitu Platinum Prize, serta Tim Grape Cubes yang meraih Silver Prize,” ujar Kukuh.

Kompetisi ini merupakan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga pagi para peserta. Kukuh berharap kepada para peserta ini yang akan menjadi generasi penerus dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan standardisasi di Indonesia dan untuk tujuan kemajuan bangsa Indonesia dari aspek perlindungan maupun daya saing nasional.

Sekretaris Utama BSN, Nasrudin Irawan menjelaskan, KSN tahun ini diikuti oleh 8 tim dari 4 sekolah menengah atas. Ketiga pemenang KSN dilatih lebih lanjut melalui program bimbingan teknis sebagai persiapan menghadapi Olimpiade standar Internasional 2021. Pada Olimpiade Standar Internasional tahun ini diikuti oleh 40 tim dari 7 negara yaitu Korea, Jepang, Singapura, China, Kenya, Rwanda, dan Indonesia.

Penyerahan sertifikat pemenang Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) dan Olimpiade Standar Internasional 2021 ini turut dihadiri Kepala Pusat Riset dan Pengembangan SDM BSN, Yopi; tim Pusrisbang SDM BSN; Dewan Juri KSN; dan juga Kepala sekolah serta guru dari MAN Insan Cendikia Gorontalo dan SMA Katholik St. Louis 1 Surabaya.(tyo-humas)