Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Depdag Temukan Ratusan Dus Lampu Tak Ber-SNI

  • Kamis, 06 Agustus 2009
  • 2759 kali
Kliping berita :

Mega Putra Ratya - detikNews

Jakarta - Ratusan dus lampu hemat energi (LHE) yang tidak berlogo Standar Nasional Indonesia (SNI) ditemukan di sebuah distributor di Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta. Produk-produk itu jelas melanggar aturan pemerintah karena semua lampu jenis LHE harus sudah ber-SNI.

Produk-produk ilegal itu ditemukan dalam inspeksi mendadak yang digelar Direktorat Pengawasan Barang Beredar dan Jasa, Departemen Perdagangan, Kamis (6/8/2009). Selain lampu, petugas juga menemukan 30 dus multi circuit breaker (MCB).

"Ini gebrakan pada menjelang hari besar karena banyak kesempatan memasukan barang," kata Direktur Pengawasan Beredar Barang dan Jasa Inayat Iman di lokasi.

Barang-barang yang belum termasuk dalam daftar ujicoba Depdag tersebut ditemukan di PT Pancaran Indonesia, sebuah distributor yang berlokasi di kawasan ruko 26 Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta Pusat. Hingga pukul 12.30 WIB, pemilik gudang belum bisa ditemui petugas.

Sementara itu penjaga yang ada di lokasi tidak dapat berkomentar apa-apa saat petugas memeriksa barang-barang tersebut.

Tiga barang yang ditemukan adalah LHE dengan 200 dus lampu LHE merk SZ MR, 85 lampu LHE Balas, dan MCB. Belum diketahui apakah barang-barang tersebut akan disita atau tidak. Namun yang jelas, barang-barang tersebut melanggar peraturan pemerintah soal logo SNI sehingga tidak boleh diperdagangkan.

Sidak kali ini Depdag membagi tim menjadi tiga untuk wilayah di Jakarta. Tim pertama menyidak toko-toko dikawasan pusat elektronik Glodok (Toko),Jakarta Pusat, tim kedua tempat distributor Jl Pangeran Jayakarta, Jakarta dan terakhir sidak di sebuah gudang di Pelabuhan Pasar Ikan.(mpr/ken)
 
Sumber :
Detiknews.com
Kamis, 06/08/2009 13:21 WIB


URL:
http://www.detiknews.com/read/2009/08/06/132158/1178529/10/depdag-temukan-ratusan-dus-lampu-tak-ber-sni




­