Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Layanan Purna Jual Telepon Genggam-SNI

  • Jumat, 24 Juli 2009
  • 3085 kali
Pertumbuhan pengguna layanan smart phone Blackberry di indonesia terus meningkat signifikan akhir-akhir ini. Indonesia bahkan menjadi pasar potensial bagi produsen Blackberry. Research in Motion (RIM) selaku penyedia teknologi blackberry menyatakan bahwa pertumbuhan penggunaan layanan tersebut di indonesia merupakan yang tertinggi di antara negara-negara lain di kawasan asia pasifik. Di Indonesia ada tiga operator seluler menyediakan jasa Blackberry adalah Exelcomindo, Indosat dan Telkomsel. Menurut catatan depkominfo, pengguna blackberry mencapai 400.000 pengguna. Depkominfo juga memproyeksikan bahwa hingga akhir tahun 2009 jumlah pengguna Blackberry dapat mencapai satu juta pengguna.

Walaupun indonesia merupakan pasar potensial bagi produk Blackberry, ironisnya layanan purna jual resmi dari RIM belum ada di wilayah Indonesia. Oleh karena itu Depkominfo memberikan tenggat waktu hingga Agustus untuk pendirian layanan purna jual resmi produk Blackberry di Indonesia, sesuai dengan ketentuan Menteri Perdagangan nomor 19/M-DAG/PER/5/2009, tentang pendaftaran petunjuk penggunaan (manual) dan kartu jaminan/Garansi purna jual dalam bahasa indonesia bagi produk telematika dan elektronika. Standar Nasional Indonesia yang terkait dengan purna jual produk tersebut adalah SNI 7386:2008 pelayanan purna jual telepon genggam (standar fulltext dapat diunduh di website BSN). Implementasi SNI 7386:2008 telah diulas di majalah SNI Valuasi Volume 3 / No 1 / 2009 yang dapat diperoleh di koleksi perpustakaan BSN. (mayastria)



­