Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Ikut Elaborasi Strategi Implementasi REP 2021 ISO Asia Pasifik

  • Kamis, 17 Desember 2020
  • 1641 kali

 

Asia Pasifik – Jelang 2021, International Organization for Standardization (ISO) regional Asia Pasifik kembali gelar pertemuan bulanan seluruh Negara Anggota sekawasan. Adapun, Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang merupakan anggota tetap ISO turut menghadiri sesi yang digelar secara daring tersebut yang berfokus pada pembahasan transisi dan implementasi  New Regional Engagement Program (REP) Strategy yang sebelumnya adalah ISO Regional Engagement Initiatives (REI), yang disampaikan oleh ISO Secretary General, Sergio Mujica kepada seluruh Anggota ISO Asia Pasifik, pada Kamis (17/12/2020).

REP terbaru yang dilatarbelakangi mandat dari Council pada tahun 2018 yang rancangan programnya sudah mendapat persetujuan dari Council Standing Committee on Strategy and Policy (CSC/SP) pada Bulan September 2020. “REP terbaru terdiri dari 2 pilar, pertama adalah memberikan dukungan yang berkelanjutan dan dibuat secara khusus berkenaan dengan seluruh Negara Anggota dalam konteks regional. Pilar kedua adalah meningkatkan kerja sama dengan seluruh Organisasi Standar Regional dan Sub-Regional yang diakui oleh ISO Council” Jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sergio merespons setiap pertanyaan dari para Peserta salah satunya dari Pacific Area Standards Congress (PASC) Secretariat, Konny Sagala bahwa ISO akan selalu hadir untuk mendukung pertemuan Regional Standards Organization (RSO) termasuk yang diadakan oleh PASC. Sekaligus, Sekretaris Utama BSN. Puji Winarni turut mengapresiasi segala bentuk kerja sama yang sudah terjalin selama ini, terutama antara BSN dengan ISO.

Sergio mengelaborasi lebih lanjut terkait strategi implementasi  New Regional Engagement Program (REP) “Seluruh inisiatif yang sedang berjalan agar mengimplementasikan REP yang tersentralisasi dan holistik; serta memaksimalkan program secondment; serta ISO Central Secretariat (ISO/CS) secara penuh akan mendukung proyek-proyek pengembangan standar yang ada di setiap kawasan (Afrika dan Negara-Negara Arab; Amerika dan Karibia; Asia dan Pasifik; Eropa dan Asia Tengah). ISO Regional Asia Pasifik akan terus mendukung dan merealisasikan proses implementasi REP yang berjalan lancar bagi seluruh Negara Anggota ISO Asia Pasifik yang akan dimulai pada Januari 2021.” “Pada tahun 2021, Kawasan Asia Pasifik akan mendapatkan tiga anggota baru yaitu Afganistan, Iran, dan Pakistan.” Sambung Sergio. (PjA – Humas)




­