Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Permudah Layanan, BSN Terapkan Aplikasi IT Unggulan

  • Kamis, 17 Desember 2020
  • 2536 kali

Foto: IT Works

Dimasa pandemi Covid–19 telah terjadi banyak perubahan bagi kehidupan umat manusia di berbagai aspek. Adanya pembatasan ruang gerak untuk menekan penyebaran Covid-19, menjadikan peran teknologi informasi (TI) sangat penting. Ketika berbagai pembatasan dilakukan, para pelaku usaha memberlakukan pegawai/ pekerjanya untuk bekerja dari rumah atau work from home. Begitu pula di lingkungan pemerintah, seperti Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi BSN, Slamet Aji Pamungkas saat penjurian TOP Digital Awards 2020 oleh Majalah ItWorks secara online pada Jumat (16/10/2020) menerangkan adanya pandemi Covid-19, BSN melakukan pemanfaatan TI untuk mempermudah layanan dan telah merubah perilaku pegawai BSN. Sebagai informasi, Penganugerahan TOP Digital Awards 2020 akan dilaksanakan di Bulan Desember 2020.

“Penyediaan layanan publik secara online ini untuk memudahkan masyarakat dalam menikmati layanan standardisasi dan penilaian kesesuaian. Bahkan, IT di BSN saat ini sudah mempengaruhi dan mengubah perilaku pegawai BSN dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari. Apalagi di masa pandemi Covid-19, IT mampu mendukung perubahan perilaku pegawai BSN dalam pemanfaatan TIK,” ujar Slamet.

Sebagaimana diketahui, IT master plan di BSN sudah dibuat sejak tahun 2018 dan mengalami perbaikan tiap tahunnya sesuai perkembangan zaman.

Menurut Slamet atau biasa disapa Mamung ini, bahwa pemanfaatan IT di BSN juga didukung penuh oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad guna meningkatkan kinerja internal BSN maupun peningkatan kualitas layanan masyarakat. “Dalam pemanfaatan TIK ini dukungan Kepala BSN sangat tinggi,” pungkas Mamung.

Berikut Aplikasi Unggulan BSN untuk kepentingan internal maupun eksternal :

Aplikasi s-Sign (Tanda Tangan Digital), Aplikasi s-Sign merupakan Fasilitas penanda tanganan digital terhadap suatu dokumen secara online. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan level keamanan dokumen dari pemalsuan dan menjadi solusi saat pandemi Covid-19 (WFH) seperti saat ini.

Aplikasi Presensi Online untuk absensi pegawai secara online guna identifikasi WFH dan WFO.

Aplikasi Dahara (Daftar Hadir Rapat Online) merupakan fasilitas absensi rapat secara online.

Aplikasi Simpeg (Sistem Informasi Kepegawaian) dimaksudkan untuk mengintegrasikan antara data pegawai, data absensi dan data kinerja pegawai.

Aplikasi Sipakar (Sistem Informasi Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran) ialah fasilitas perencanaan, realisasi dan monev anggaran dan kegiatan.

Aplikasi Akses SNI adalah fasilitas membaca dokumen SNI secara online yang terbuka untuk umum.

Aplikasi Bang Beni (Barang-barang Ber SNI) adalah Penerbitan SPT SNI secara online yang didukung dengan tanda tangan digital dan berisi data dan informasi barang-barang ber SNI yang bisa menjadi referensi bagi pihak berwajib.

Aplikasi Pembimbingan SNI yaitu Fasilitas bagi UMKM untuk pembimbingan penerapan sertifikasi SNI.

Aplikasi Pesta (Pemesanan Standar Online) merupakan fasilitas pemesanan atau pembelian dokumen SNI secara online untuk memberikan solusi bagi yang terkendala soal jarak dan waktu. (Rewrite-Humas)





­