Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Evaluasi Capaian Kinerja BSN Akhir Tahun 2020

  • Kamis, 17 Desember 2020
  • 1726 kali

 

Dalam rangka mereviu dan memberikan umpan balik atas pencapaian kinerja organisasi, BSN melakukan kegiatan Evaluasi Capaian Kinerja Akhir Tahun BSN TA. 2020 di Hotel Atria, Serpong, Tangerang Selatan. Pelaksanaan evaluasi capaian kinerja akhir tahun tersebut dilakukan pada hari Selasa (15/12/2020) dengan sistem luring dan daring. Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Kepala BSN, pejabat eselon I dan II serta Tim AKIP yang hadir melalui virtual zoom. Sebagai informasi, pada hari sebelumnya (14/12/2020) juga telah dilakukan evaluasi kinerja terhadap Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN yang merupakan rangkaian dari pelaksanaan kegiatan evaluasi capaian kinerja akhir tahun BSN ini.

Dalam arahan dan pembukaan, Kepala BSN, Kukuh S. Acmad mengungkapkan bahwa BSN mendapatkan predikat terbaik dari hasil evaluasi kinerja anggaran TW III kategori Kementerian/Lembaga (K/L) pagu kecil oleh Kementerian Keuangan. Selain itu, sebagai komitmen bersama diharapkan TA. 2020 ini realisasi anggaran BSN dapat terserap 98%. Hal tersebut sesuai dengan arahan presiden, bahwa target penyerapan anggaran K/L minimal sebesar 95%. Tetapi dengan target penyerapan tersebut juga harus diikuti dengan capaian kinerja yang maksimal. Harapannya dari paparan kedeputian dan kesestamaan ini dapat mengambil pelajaran untuk hasil yang lebih baik pada tahun ini.

Beni Nugraha, selaku Kepala Biro PKU, menyampaikan bahwa realisasi anggaran BSN sampai dengan 10 Desember 2020 berdasarkan aplikasi SAS adalah sebesar 84,07% dengan rincian Program Dukungan Manajemen sebesar 89%, Program Pengembangan Standardisasi Nasional sebesar 83%, dan Laboratorium SNSU sebesar 73%. Jika unit kerja dapat disiplin dalam pemakaian anggaran, maka target penyerapan anggaran sebesar 98% yang ditetapkan oleh BSN dapat tercapai. Selain itu, juga disampaikan terkait predikat unit kerja terbaik dalam capaian realisasinya berdasarkan data dari aplikasi e-performance BSN.

Selanjutnya dilakukan paparan terkait hasil capaian kinerja dan anggaran dari Kedeputian Pengembangan Standar, Kedeputian Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, Kedeputian Akreditasi, Kedeputian Standar Nasional Satuan Ukuran dan Sekretariat Utama serta Pusat Riset dan Pengembangan SDM. Dalam diskusinya bahwa rata-rata hasil kinerja dan anggaran seluruh Kedeputian dan Kesestamaan telah memenuhi target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dalam acara tersebut juga turut mengundang Direktur Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian PPN/Bappenas, Leonardo Teguh Sambodo, yang membahas terkait Kantor Layanan Teknis (KLT) Badan Standardisasi Nasional (BSN). Dalam paparannya, beliau memberikan pandangan bahwa KLT BSN mempunyai dampak yang signifikan dalam rangka peningkatan standardisasi dan penilaian kesesuaian di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, Bappenas memberikan alternatif terkait kelembagaan KLT untuk dapat bertransformasi menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) tentunya disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Selain itu KLT BSN juga diharapkan dapat bekerjasama dengan seluruh stakeholder baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan partisipasi masyarakat daerah dalam standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Sebagai penutup acara, Sekretaris Utama BSN Puji Winarni, menyampaikan bahwa hasil capaian BSN hingga saat ini dapat untuk memperbaiki kinerja dan menjadi penyemangat bagi kita semua. Harapan lain yang disampaikan yaitu supaya kinerja BSN akan lebih baik lagi pada tahun 2021. (HFP)

Galeri Foto:
Evaluasi Capaian Kinerja BSN Akhir Tahun 2020




­