Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Kembali Berikan Penghargaan Herudi Technical Committee Award di tahun 2020

  • Senin, 09 November 2020
  • 1276 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) tahun ini kembali memberikan penghargaan Herudi Technical Committee Award (HTCA) kepada Komite Teknis Perumusan SNI terbaik, di Jakarta pada (6/11/2020). Sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, dalam penyelenggaraan yang ke-13 kalinya ini BSN mengapresiasi para pemenang HTCA dalam situasi yang sederhana namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Nasrudin Irawan menyampaikan bahwa mekanisme penilaian penerima penghargaan tahun ini dilakukan dalam 2 tahap yaitu desk assessment dan onsite evaluasi yang yang dilakukan secara daring. Hasil evaluasi kinerja komite teknis tersebut digunakan sebagai dasar dalam pemilihan 10 komite teknis terbaik dan 3 komite teknis penerima HTCA. Evaluasi komite teknis menggunakan kriteria penilaian yang meliputi 3 aspek, yaitu Pengelolaan Komite Teknis, Pengelolaan Program Nasional Perumusan SNI (PNPS), dan Pemeliharaan SNI. “BSN berharap penerima HTCA 2020 ini menjadi role model komite teknis yang lain. Dengan kinerja komite teknis yang lebih baik diharapkan SNI yang dihasilkan pun dapat lebih berkualitas. Serta menjadi acuan pemangku kepentingan untuk menghasilkan produk yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan daya saing produk Indonesia,” kata Nasrudin.

Selanjutnya, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad mengatakan dalam sambutannya bahwa Perumusan SNI adalah hulu, yang paling pertama, dan yang paling penting. “Atas nama BSN, dan pemerintah Indonesia, kami mengucapkan terima kasih atas komitmen 3 komite teknis yang telah dinilai. Dengan capaian ini saya rasa yang kita harapkan adalah agar ini bisa dijadikan role model oleh komite teknis yang lain,” pungkas Kukuh.

Penerima penghargaan komite teknis terbaik tahun 2020 ini diberikan kepada 3 komite teknis, yaitu Komite Teknis 07-01 Geografi/Geomatika dari Badan Informasi Geospasial (BIG), Komite Teknis 35-01 Teknologi Informasi dari Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kemkominfo), dan Komite Teknis 65-08 Produk Perikanan Nonpangan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Piagam penghargaan diberikan oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad.

Hingga September 2020, kinerja pengembangan SNI dinilai mulai menunjukkan hal yang positif. Tercatat sejak Standar Nasional Indonesia dikembangkan pada tahun 1989, jumlah SNI yang dirumuskan dan ditetapkan sebanyak 13.308 SNI dan dalam pengembangannya SNI yang aktif sampai dengan saat ini berjumlah 11.034 SNI.

Herudi Technical Committee Award (HTCA) adalah suatu bentuk penghargaan yang diberikan oleh BSN kepada Komite Teknis Perumusan SNI, yang memiliki kinerja terbaik. HTCA sendiri diambil dari nama Ir. Herudi Kartowisastro, seorang tokoh pioneer dan penggagas standardisasi di Indonesia sekaligus adalah pendiri BSN yang juga Kepala BSN pertama pada tahun 1997.(ian/tyo-humas)

 

Galeri foto: BSN Kembali Berikan Penghargaan Herudi Technical Committee Award di tahun 2020




­