Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Langkah Bersama Pemerintah Daerah Kota Palembang dan BSN dalam Menggaungkan “PEMPEK Menuju Kuliner Palembang Mendunia”

  • Senin, 31 Agustus 2020
  • dedi dedi
  • 432 kali
Langkah Bersama Pemerintah Daerah Kota Palembang dan BSN dalam Menggaungkan “PEMPEK Menuju Kuliner Palembang Mendunia”

KLT-BSN Wil. Sumatera Selatan

 

 

Langkah BSN dalam mensinergikan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dengan upaya Pemerintah Kota Palembang guna menjadikan “Pempek Menuju Kuliner Palembang Mendunia” telah semakin jelas dan lebih terasa dibutuhkan oleh pemerintah daerah kota Palembang sebagai pembina bagi UMKM di Palembang khususnya oleh pengusaha yang dalam kesempatan kali ini di wakili oleh Asosiasi Pengusaha Empek-empek (ASPPEK) di Sumatera Selatan.

Upaya BSN yang diwakili oleh KLT-BSN Wil. Sumatera Selatan - KLT-BSN - dalam mensosialisasikan penerapan standardisasi pada pengolahan pangan khusus nya produk berbasis olahan ikan telah dilakukan dua tahun berjalan dan akan terus dilakukan sambil terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik itu dengan pemerintah daerah ditingkat provinsi maupun di tingkat kota, baik dengan LSPro, BPOM, Dinas Kesehatan dan Dinas KKP bahkan dengan ASPEK yang memiliki kurang lebih 3000 anggota pengusaha.

 

 

Gambar: Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Jejaring Subsektor Kuliner Palembang

 

Hingga Agustus tahun 2020 ini telah ada 5 merk Pempek yang sudah mendapatkan sertifikasi SNI dan siap untuk mendunia, namun masih banyak yang belum merasakan dan menerima manfaat standardisasi mengingat pengusaha Pempek di Palembang jumlahnya ribuan, dari yang produknya siap mendunia, produk nya telah merambah kota-kota besar di Indonesia, hingga pengusaha rumahan yang produknya habis untuk hari itu dan diedarkan dilingkungan setempat. Kendala ini perlu dicarikan solusi oleh pihak terkait dan KLT-BSN sangat membutuhkan jejaring dengan Pemerintah Daerah Kota Palembang guna mencarikan Solusi atas permasalahan tersebut.

Secara kebetulan dan bersamaan, Badan Perencanaan Pembangunan Kota Palembang - BAPPEDA Palembang - mengundang rapat Pembahasan Tindak Lanjut Jejaring Subsektor Kuliner Palembang dengan Tema "Standardisasi Pempek Menuju Kuliner Palembang Mendunia"

Pada kesempatan tersebut KLT-BSN diminta untuk menjelaskan langkah - langkah yang  melakukan pembinaan kepada UKM dan kendala serta apa yang bisa di sinergikan dengan unit atau organisasi di lingkungan kota Palembang.

Hadir pada rapat yang di gagas oleh BAPPEDA Palembang tersebut, Staf Khusus Walikota Bidang Pariwisata dan Ekraf, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi dan UKM, ASPPEK, Ketua Kekraf, serta dari Media Sripo & Tribun.

Dari hasil Rapat Tersebut, sepakat untuk melakukan kolaborasi dan penguatan rantai proses antara pihak terkait diantara nya, Akademisi, Pelaku Usaha (Bisnis), Pemerintah (Government), Komunitas (Community) dan Media (ABGCM) untuk bersama-sama secara selaras untuk menggaungkan pesan “Pempek Menuju Kuliner Palembang Mendunia".

Kemudian dalam hal memberikan sosialisasi perlunya standardisasi untuk produk Pempek ini BAPPEDA Palembang dan Asppek akan melakukan klasifikasi terhadap pengusaha yang sudah terdaftar, sehingga pada proses sosialisasi, bantuan teknis, perijinan dan lainnya juga akan berbeda.

Terakhir BAPPEDA dan Kekraf akan medokumentasikan “Pempek Menuju Kuliner Palembang Mendunia" dalam sebuah video gastronomi sebagai upaya memasarkan produk unggulan Palembang dan upaya mempromosikannya ke tingkat internasional.  

(disarikan kembali dari Resume rapat BAPPEDA Kota Palembang)/KLT-PLM